Pariwara
Konawe Utara

Kementan Bantu Alsistan di Konut

HELMIN TOSUKI/KENDARI POS
ALSINTAN : Sejumlah bantuan alat pertanian yang berada di kantor Distan Konut. Tampak Wakil Bupati, Rauf (kiri), Kadistan, Nasution (tengah) dan ketua kelompok tani berpose dengan latar belakang bantuan dari Kementan.

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan sejumlah bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) pada petani di Konawe Utara (Konut). Langkah tersebut dilakukan untuk mendongkrak hasil tanaman warga. Kepala Dinas Pertanian Konut, Nasution, menuturkan, Alsistan yang diberikan Kementan pada Pemkab Konut, bervariasi. Mulai hand traktor, hand sprayer maupun pompa air dengan berbagai merk. “Kalau hand traktor (jonder) itu sebanyak 31 unit. Hand sprayer 11 unit, termasuk pompa 10 unit. Bantuan ini diberikan secara hibah pada kelompok tani yang ada di Konut,” rinci mantan Kepala Perpustakaan Konut itu, Senin (30/7).

Syarat untuk mendapatkan bantuan Alsistan, kata Nasution, harus berbentuk kelompok tani yang terdiri dari maksimal 25 orang. Struktur kelompok dan lahan petani juga harus jelas. “Tentunya untuk mendapatkan bantuan ini harus mengajukan permohonan terlebih dahulu dalam bentuk proposal,”urainya. Kelompok tani berhak menggunakan alat tersebut dalam mengelola dan menggarap lahan.

“Nah, tugas Distan hanya sebatas melakukan monitoring dan evaluasi bantuan yang sudah didistribusikan. Jangan sampai dipergunakan tak sesuai fungsinya. Misalnya, hand traktor dibuka mesinnya lantas digunakan sebagai alat penerangan. Itu yang tidak boleh,” tegas Nasution. Bilamana ada bantuan yang diberikan tak sesuai pemanfaatannya, maka Dinas Pertanian berhak menarik kembali Alsintan tersebut meskipun bentuk hibah. Sebab bantuan yang diberikan, tak mutlak kepemilikannya. “Kalau perlu dipidanakan. Mudah-mudahan petani memanfaatkan sebaik-baiknya,” pungkas Nasution. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top