Pariwara
Muna

Jalur Wisata di Muna Mulai Dibenahi

LAODE ALFIN/KENDARI POS
BENAHI JALAN : Alat berat mulai bekerja mengeruk drainase di ruas jalan Sutan Syahrir, Raha. Pembenahan jalan menuju kawasan wisata itu menghabiskan anggaran Rp 11 miliar.

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Kabupaten Muna terutama yang bermukim di wilayah Kecamatan Duruka, Lohia dan Kontunaga, pasti tahu bagaimana sulitnya memacu kendaraan di ruas jalan Sutan Syahrir. Jalan sepanjang 2,7 kilometer itu rusak parah terutama di Kelurahan Palangga dan Wapunto serta ruas yang menghubungkan Desa Lasunapa dan Banggai. Bila di musim penghujan, badan jalan menjadi berair akibat permukaan aspal yang berlubang. Sedang di musim kemarau, debu kerap beterbangan dan membuat warga sekitar tak nyaman.

Kondisi itu dikeluhkan Taufan Ganefo, warga Duruka. Ia harus ekstra hati-hati jika melintas di ruas jalan tersebut. Padahal, seingatnya pengaspalan jalan itu belum lama dilakukan. “Kalau tidak salah, baru dua tahun diaspal. Ini sudah rusak lagi. Mungkin karena jalan tidak didukung drainase sehingga air menggenang,” ceritanya, senin (30/7).

Soal kondisi tersebut, Bupati Muna, LM. Rusman Emba menjelaskan jika pengerjaan jalan Sutan Syahrir segera dilakukan. Bahkan ia menyebut beberapa pekerjaan sudah dimulai. “Sudah dimulai. Sebenarnya akan lebih cepat seandainya cuaca mendukung,” katanya.

Jalan Sutan Syahrir sendiri merupakan ruas penghubung sejumlah kawasan wisata seperti Meleura, Liangkabori, Napabale, Puncak Wakila dan Danau Motonuno di Lohia. Makanya, kata Rusman, jalan itu mendapat prioritas tahun ini. Selain peningkatan kualitas, jalan tersebut juga di perlebar dari lima meter menjadi sembilan meter. “Jalur itu memang strategis, karena mobilitas warga cukup tinggi. Apalagi untuk menuju kawasan wisata, harus lewat jalan itu,” sambungnya.

Pengerjaan jalan sendiri menggunakan dana alokasi khusus (DAK) APBD 2018. Nilainya mencapai Rp 11 miliar. Dana besar itu selain peningkatan jalan, juga untuk membenahi drainase. “Tapi hanya sampai Wapunto dulu. Sementara di Lasunapa dan Banggai akan dianggarkan tahun depan. Intinya pembenahan infrastruktur dilakukan bertahap,” pungkasnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top