Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Dorong Perekonomian Sultra, IPEMI Fasilitasi UMKM

Rujuwati Harun

KENDARIPOS.CO.ID — Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), tidak berpengaruh signifikan terhadap kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sultra. Hal ini diungkapkan Ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sultra, Hj. Rujuwati Harun.

Menurutnya, UMKM yang ada di Bumi Anoa terus menerus mengalami perkembangan. “Walaupun perkembangannya hanya sekitar 10 persen berdasarkan pantauan kami, itu sudah cukup meningkat perekonomian para pelaku UKM di Sultra,” ungkapnya, Senin (30/7) lalu.

Lanjut dia, UKM di Sultra sangat berpeluang besar untuk dikembangkan. Banyak usaha yang bisa dilakukan para pelaku UKM, salah satunya mendirikan toko cinderamata atau ole-ole. “Saat ini bandara kita sudah bertaraf nasional, arus mudik penumpang sangat tinggi, sehingga kebutuhan akan ole-ole juga meningkat. Ini sangat potensial bagi para pelaku UMKM,” terang Rujuwati.

Melalui IPEMI, pihaknya akan menghimpun para pengusaha, utamanya pengusaha mete yang ada di Sultra untuk mengembangkan usaha mereka. Karena mete merupakan salah satu ole-ole khas Sultra. “Selama ini kita terpaku pada satu rasa saja, kedepan saya ingin mengembangkan varian rasa yang lebih banyak lagi,” bebernya.

Setelah menghimpun para pengusaha, lanjut dia, pihaknya kemudian akan menggelar pameran dengan tujuan memperkenalkan hasil produksi mereka. “Semoga para pelaku UMKM kita lebih berinovasi lagi dalam menciptakan produknya, sehingga bisa bersaing dengan produk lainnya,” pungkasnya. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top