Pariwara
Bau-bau

177 JCH Baubau dan 85 di Konsel Resmi Dilepas

AKHIRMAN-KAMALUDDIN/KENDARI POS
LEPAS JCH : Pj Wali Kota Baubau, Hado Hasina Ketika menyalami para jamaah calon haji saat pelepasan, kemarin. Seremoni serupa juga digelar Pemkab Konsel yang melepas 85 warganya menuju Tanah Suci.

KENDARIPOS.CO.ID — 177 jamaah calon haji (JCH) Kota Baubau siap diberangkatkan menuju embarkasi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau telah resmi melakukan seremoni pelepasan rombongan, Senin (30/7). Semua itu dilakukan setelah seluruh jamaah dipastikan telah memenuhi segala kebutuhan dokumen dan administrasi keberangkatan haji. “Selamat menjalankan ibadah haji. Jaga kesehatan dan jam istirahat agar tubuh tetap fit. Sehingga seluruh rangkaian ibadah haji dapat dilakukan dengan baik. Kami doakan semoga menjadi haji mabrur,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Hado Hasina, saat melepas para jamaah di rumah jabatan (Rujab), senin (30/7).

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Baubau, Rahman Ngkaali, mengungkapkan, total 177 jamaah yang dilepas dalam keadaan sehat. “Tidak ada yang batal, seluruh jamaah berangkat semua. Insyaallah kondisi fisik mereka dalam keadaan fit,” ucapnya. Untuk jadwal keberangkatan para jamaah menuju embarkasi Makassar, juga tak ada perubahan, tetap Kamis (2/8). Seluruhnya dibagi dalam empat jadwal penerbangan. “Kemudian mereka akan transit di Pondok Madinah satu malam, lalu Jumat (3/8) sekitar pukul 21.00 Wita masuk asrama haji. Nanti Sabtu (4/8) sekitar pukul 22.45 Wita berangkat ke Jeddah, Arab Saudi dengan lama perjalanan sekitar sembilan jam,” terang Rahman Ngkaali.

Ia, menambahkan, keberangkataan jamaah haji tahun ini cukup menginspirasi. Ada JCH dengan profesi tukang ojek bersama istrinya berangkat haji. “Termasuk penjual sayur, alhamdulillah juga berangkat. Ini menjadi kesyukuran dan inspirasi bagi kita semua,” pungkasnya.

Sementara itu di Konawe Selatan (Konsel), sebanyak 85 JCH juga dilepas Bupati, H. Surunuddin Dangga. Keberangkatan para tamu Allah tersebut merupakan awal dari rangkaian perjalanan. Surunuddin menjelaskan, ibadah haji yang akan dilaksanakan bermuara pada perubahan perilaku. Bukan hanya menjadi baik bagi diri sendiri tetapi juga untuk orang lain, daerah, bangsa dan negara.

“Jadi ibadah haji ini bukan hanya melibatkan fisik semata seperti tawaf dan sa’i, tetapi juga ibadah batin yaitu wukuf. Kesemua itu berakhir pada perjanjian kita kepada-Nya dengan berhenti dan meninggalkan segala sifat serta tabiat tidak baik,” nasihat Surunuddin, kemarin.

Konsel-1 itu juga berharap, selain fokus melaksanakan ibadah haji, para warganya juga dapat bertindak sebagai duta bangsa dan daerah. “Atas nama pribadi dan selaku pimpinan daerah, saya kembali mengingatkan untuk selalu menjaga kesehatan, berkoordinasi dengan paramedis yang bertugas apabila ada sesuatu hal dan senantiasa mendoakan Konsel agar kemakmuran serta kesejahteraan rakyat bisa meningkat,” pintanya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Konsel, Agusalim, menyampaikan, tahun ini jumlah JCH mengalami kenaikan, dibanding 2017 lalu sebanyak 67 orang. “Ada 39 jamaah laki-laki dan 46 perempuan dengan sebaran usia 24 sampai 78 Tahun. Termuda berasal dari Kelurahan Punggaluku, Kecamatan Laeya bernama Arifah Auliyatul Muslimah, dan yang tertua dari Desa Marga Cinta, Kecamatan Moramo atas nama Pariah Binti Samparta,” sebutnya. Jamaah Konsel akan meninggalkan daerah pada tanggal 3 Agustus 2018 dan selanjutnya bergabung pada Kloter 22 embarkasi Makassar.

“Mereka akan berangkat ke Jeddah pada tanggal 4 Agustus 2018. Sebelumnya para JCH telah melakukan kegiatan manasik haji tingkat kabupaten dan kecamatan,” tandasnya. (b/ahi/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top