Pariwara
Metro Kendari

Sudah Mau Berangkat, Visa 11 Calon Jemaah Haji Sultra Belum Tuntas

JCH Kota Kendari yang dilepas secara resmi oleh Plt. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir

KENDARIPOS.CO.ID — Keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) sudah semakin dekat. Kloter 20 sebagai kloter pertama JCH Sultra mulai diterbangkan menuju Embarkasih Makassar, Sulsel dan selanjutnya menuju ke Jeddah, Arab Saudi. Seluruh kesiapan sudah dimatangkan. Mulai penimbangan koper jemaah hingga jadwal keberangkatan. Namun untuk urusan visa, masih ada 11 jemaah yang belum tuntas diproses. Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Sultra, La Maidu mengatakan sebanyak 2.013 visa sudah tuntas di proses dari total 2.024 JCH Sultra. “Sudah dijemput ke Jakarta dan sudah sampai ke kita, dan sedang di cek nama-namanya. Dalam paket ini ada 2.013 visa dan paspor. Itu artinya masih ada 11 yang kita tunggu,” ujar La Maidu, Minggu (29/7/2018).

Kian dekatnya jadwal keberangkatan, Kemenag Kota Kendari tak tinggal diam. Kemenag terus berkoordinasi dengan Kemenag RI di Jakarta. Bila 11 visa itu tuntas maka segera dijemput. “Kenapa dijemput karena kita tidak lewat Jakarta, jadi tidak bisa mampir ambil di Kemenag Pusat. Kita lewat Makassar, visa dan paspor harus kita periksa dulu dan mencocokkan identitasnya, karena tidak boleh salah huruf-hurufnya,” jelas La Maidu.

11 visa itu tidak tuntas bersama dengan 2.013 visa lainnya karena adanya perubahan dokumen. Ada pergantian jemaah sesuai persyaratan tertentu. “Masalahnya, penggantian calon haji yang meninggal oleh ahli warisnya. Ada juga yang memundurkan diri karena sakit. Karena masih cukup waktu maka diusulkan pengganti dan saat ini sedang diproses,” tambah La Maidu. Bagaimana bila visa itu tak tuntas pekan ini sesuai dengan jadwal keberangkatan ? Maidu optimis bisa selesai dalam satu atau dua hari ke depan. Jika pun telat maka alternatifnya mereka akan diikutkan ke kloter lain di embarkasih yang sama. “Itu diperbolehkan, nanti di Makkah baru bergabung dengan kloter dari Sultra,” imbuhnya.

Visa itu nantinya baru akan dibagi saat jemaah berada di ruang keberangkatan Bandara Makassar. Pertimbangannya agar tak tercecer. “Begitu dibagi langsung disimpan di tas saku masing-masing, saat pemeriksaan imigrasi Arab Saudi tinggal diperlihatkan, tidak perlu dibongkar-bongkar lagi kopernya,” tutup La Maidu. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top