Pariwara
Politik

Lanjutan Sidang PHP Kada Sultra, KPU Siapkan Jawaban Terbaik

SIDANG MK : Suasana pelaksanaan sidang pendahuluan PHP Kada Sultra dengan agenda mendengar permohonan Paslon Rusda Mahmud-Sjafei Kahar beberapa hari lalu. Foto: Yogi/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Sidang pendahuluan gugatan perselisihan hasil pemilihan (PHP) kepala daerah (Kada) Sultra di Mahkamah Konstitusi (MK) telah dimulai. Setelah mendengar gugatan pemohon (pasangan Rusda Mahmud-Sjafei Kahar), sidang kembali menjadwalkan pembacaan jawaban pihak tergugat yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra, Selasa (31/7) mendatang.

Koordinator Divisi Hukum KPU Sultra, Ade Suerani mengaku telah mempersiapkan jawaban terhadap sangkaan pemohon. Makanya, seluruh alat bukti yang dipersoalkan telah disiapkan termasuk landasan hukum. Pada intinya, KPU akan menjelaskan dan menguraikannya secara detail.

“Sidang kali ini, kita akan memberikan jawaban secara komprehensif. Dengan demikian, hakim akan meyakini bahwa persoalan pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra memang sudah tuntas dan clear,” kata mantan Ketua KPU Kota Kendari ini Minggu (29/7).

Dalam sidang nanti, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra akan diminta jawaban. Termasuk tim pasangan calon (Paslon) lain. Yang pastinya, KPU akan berusaha mematahkan semua dalil yang menjadi materi gugatan pihak pemohon.

Pada hari yang sama kata dia, juga akan digelar sidang PHP Kada Baubau sekitar pukul 09:00 WIB. Seperti halnya KPU Sultra, penyelenggara (KPU Baubau) akan memberi jawaban atas pembacaan permohonan penggugat. Sementara sidang sengketan Pilkada Kolaka dan Konawe akan dilaksanakan pada 1 Agustus 2018. Agendanya, adalah yang sama yakni menyampaikan jawaban termohon atau KPU.

Sesuai jadwal MK, pembacaan perkara dan pengambilan putusan (dismissal) akan dilaksanakan tanggal 6-8 Agustus 2018. Sedangkan sidang pleno putusan itu dijadwalkan pada 9-15 Agustus 2018. Setelah itulah, baru diketahui apakah sidang PHP Kada dilanjutkan atau tidak.

“Mengingat Pilgub Sultra yang menjadi sidang pertama, maka besar kemungkinan akan diputuskan pertama juga,” pungkasnya. (b/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top