Pariwara
Nasional

Jelang Pelantikan Gubernur Baru, Kemendagri Ingatkan Soal Aturan Mutasi

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar.

KENDARIPOS.CO.ID — Jika tidak aral melintang pelantikan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tenggara terpilih periode 2018 – 2023 akan berlangsung September 2018. Pelantikan rencananya dilakukan langsung Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Terkait hal tersebut, usai pelantikan isu mutasi aparatur sipil negara (ASN) pun biasa menjadi perbincangan hangat. Kepala Pusat Penerangan  (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar, menegaskan kepala daerah yang baru harus mengerti aturan dalam mengambil kebijakan.

“Ya memang pada umumnya kepala daerah terpilih setelah dilantik akan melakukan mutasi, rotasi bahkan ada tindakan menonjobkan Aparatur Sipil Negara eselon II, III dan IV,  yang acap kali faktornya yang subjektif, ” kata Bahtiar, saat dihubungi via selulernya, di Jakarta.

Bahtiar mengungkapkan, Pasal 162 ayat 3 UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada) harus dipahami sebelum melakukan rotasi. Menurutnya, dalam Pasal 162 ayat 3 UU Pilkada dinyatakan, gubernur, bupati, atau walikota yang akan  melakukan pergantian pejabat di lingkungan pemerintah daerah provinsi atau kabupaten atau kota dalam jangka waktu 6  bulan terhitung sejak tanggal pelantikan harus mendapat persetujuan tertulis Mendagri.

“Bunyi pasal tersebut sangat jelas bahwa kelala daerah saat akan melakukan rotasi atau mutasi harus mendapatkan izin dari Kemendagri terlebih dahulu,” katanya.

Hal itu, lanjut Kapuspen, dimaksudkan agar dapat mengindari kesewenangan pemimpin yang baru dilantik. Dengan begitu, potensi konflik kepentingan dalam mutasi tersebut dapat dihindari. “Mutasi dalam 6 bulan setelah pelantikan harus ijin menteri. Dan dalam UU ASN Pasal 73 ayat 7 juga ditegaskan mutasi dilakukam dengan memperhatikan larangan konflik kepentingan,” pungkasnya. (yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top