Pariwara
Politik

DPSHP Belum Ditanggapi, KPUD Buton Tak Khawatir

KENDARIPOS.CO.ID — Daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) Pemilu 2019 telah diumumkan sejak tanggal 25 Juli lalu. Namun hingga kini, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Buton belum menerima tanggapan masyarakat. Padahal masukan masyarakat sangat membantu penyelenggara dalam memutakhirkan data pemilih.

Ketua KPUD Buton, Burhan mengaku tak khawatir meskipun DPSHP belum mendapat tanggapan. Ia justru meyakini DPSHP yang disusun telah mengakamodir masyarakat. Pasalnya, dalam penyusunan daftar pemilih sementara (DPS) lalu, pihaknya telah menyisir pemilih yang belum terdaftar termasuk pemilih pemula.

“Sampai saat ini, belum ada yang tanggapi. Ini artinya, masyarakat tidak panik. Sebab ketika namanya sudah terdaftar. Kendati demikian, kami tidak berpangku tangan. Tidak hanya menunggu tanggapan dari masyarakat, panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) juga tetap berusaha mencari pemilih yang belum terdaftar,” kata Burhan saat dihubungi Kendari Pos, Minggu (29/7).

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi DPSHP, jumlah pemilih di Buton bertambah. Sebelumnya, daftar pemilih sementara (DPS) hanya 72.575 pemilih namun di DPSHP menjadi 72.804 pemilih. Penambahan jumlah pemilih ini bersumber dari pemilih pemula dan ATB atau pemilih tambahan yang menggunakan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) dan surat keterangan (Suket) pada pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra.

“Pemilih KTP-el dan Suket Pilgub yang dimasukan dalam DPSHP sebanyak 197 pemilih, selebihnya pemilih yang akan berusia 17 tahun sebelum Pemilu mendatang. Selain itu, kami juga mengecek adanya pemilih yang pindah domisili atau tidak memenuhi syarat. Misalnya, pemilih yang meninggal atau berstatus TNI-Polri,” kata dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari ini.

Dalam rangka memutakhiran data pemilih, pihaknya juga meminta masukan dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Semua masukan akan diakomodir. Hanya saja, data yang memenuhi syarat yang akan dimasukan dalam daftar pemilih tetap (DPT). “Kita tunggu saja prosesnya. Yang pastinya, kami akan memaksimalkan pemutakhiran data pemilih,” pungkasnya. (mal)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top