Pariwara
Politik

Cawapres Jokowi Masih Tarik Ulur

M Qodari

KENDARIPOS.CO.ID — Tarik ulur penentuan pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2019, tidak lain karena semua partai politik mempertimbangkan tiket untuk Pilpres 2024. “Kalau kita berbicara wapres 2019 ini semua partai pasti mempertimbangkan mengenai 2024,” ujar pengamat politik, M. Qodari di Kawasan Menteng, Jakarta, Minggu (29/7).

Khususnya yang terjadi di kubu capres petahana Joko Widodo, kata Qodari, masih memperdebatkan seputar siapa sosok yang pas. Kebanyakan anggota koalisi menginginkan orang non parpol. “Karena semua berbicara mengenai prospek 2024, kalau orang non parpol itu, akan sulit maju di 2024 karena dia tidak mempunyai kaki di parlemen, dia tidak punya kursi,” jelasnya.

Perihal mengemuka nama Rais Aam PBNU, Maruf Amin sebagai cawapres Jokowi. Qodari pun memandang hal tersebut adalah hal wajar. Sambung Qodari, usia Maruf yang sudah cukup senior dan posisi dia yang tidak berada dalam satu partai politik manapun, akan menjadi jalan keluar bagi koalisi dalam menentukan pendamping Jokowi. “Justru karena dia (Maruf) sangat senior maka hampir tidak ada resistensi dari partai politik,” tukasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan dengan sejumlah partai di Istana Bogor, Sabtu (28/7). Pertemuan itu dihadiri Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie, Ketum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Diaz Hendropriyono dan Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. Ketiganya merupakan pendukung Jokowi di Pilpres 2019 dan untuk pertama kalinya mengikuti kontestasi pemilu.

“Kami sempat berbicara juga tentang pendamping ideal beliau lima tahun ke depan. Belum ada nama yang definitif tapi sudah mengerucut ke beberapa nama saja. Semoga dalam waktu tidak lama lagi Pak Jokowi dapat mengambil keputusan siapa pendampingnya,” jelas Grace kepada wartawan.

Selain soal calon wapres, pembahasan juga menyinggung arah pembangunan Indonesia ke depan. Begitu juga evaluasi-evaluasi yang harus dilakukan. Grace mengaku terkesan dengan sosok gubernur DKI Jakarta tersebut.

“Senang bertemu dengan pak presiden. Beliau tampil sederhana, cerah, kelihatan sangat sehat. Dan saya menangkap aura optimisme dan kemenangan di wajah beliau (Jokowi),” papar Grace. (fiq/wah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top