Pariwara
Buton

Bhayangkari Buton Sosialisasi Kanker Serviks

WA ODE AMALA/KENDARI POS
KANKER : Ketua Bhayangkari Buton, Donna Agustina Andi Herman (kedua dari kanan) saat memantau warga yang sedang melakukan pemeriksaan kesehatan dalam sosialisasi deteksi dini kanker serviks.

KENDARIPOS.CO.ID — Anggota Bhayangkari Cabang Buton baru saja menggelar sosialisasi deteksi dini terhadap penyakit kanker serviks dengan cara tes inspeksi visual asetat (IVA) dan pemeriksaan payudara klinis (Sadanis) pada kaum wanita Kecamatan Siotapina. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan hari kesatuan gerak Bhayangkari Polres Buton, tahun 2018.

Ketua Bhayangkari Cabang Buton, Donna Agustina Andi Herman, mengatakan, sosialisasi itu merupakan kali kedua digelar. Tujuannya untuk memberikan pemahaman pada masyarakat tentang bahaya dan cara pencegahan kanker serviks. “Karena memang kanker ini sudah jadi momok bagi wanita di Indonesia, khususnya di pedalaman,” kata Donna Agustina, akhir pekan lalu. Menurutnya, masyarakat khususnya di pedesaan merasa takut dan menganggap tabu memeriksakan kesehatan diri khususnya IVA. Makanya, Bhayangkari berinisiatif turun langsung memberikan pemahaman dan cara pencegahan serta bahaya kanker serviks tersebut.

Donna memaparkan, salah satu gejala kanker serviks tersebut yaitu keputihan serta terjadi pendarahan setelah berhubungan intim. Namun, khusus keputihan, mayoritas perempuan menganggap hal tersebut biasa, padahal sangat berbahaya bagi kesehatan. “Untuk obat-obat yang kita berikan, telah bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia,” terangnya dalam kegiatan yang turut dihadiri anggota Bhayangkari dari Polsek Sampuabalo dan Woloa. (c/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top