Pariwara
Bau-bau

Tanggul Jebol di Baubau Belum Dibenahi

La Ode Muslimin Hibali

KENDARIPOS.CO.ID — Perbaikan infrastruktur dasar yang mengalami kerusakan akibat bencana banjir melanda Kota Baubau pada tahun 2017 lalu, belum juga dilakukan. Dua tanggul jebol di kawasan Jembatan Tengah dan Kelurahan Wameo tak mendapat sentuhan perbaikan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau tak bisa melakukan rehabilitasi karena belum memiliki anggaran.

Kepala BPBD Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali, mengatakan, sampai saat ini pihaknya terus berupaya mendapatkan bantuan dana segar untuk membiayai kerusakan dua tanggul tersebut. Proposal permohonan anggaran telah dirinci dan diajukan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Hanya saja usulan tersebut belum direalisasikan. “Usulan kita sudah masuk. Total anggaran yang kita ajukan sebanyak Rp 15 miliar. Makanya kita masih menunggu,” ujarnya saat dihubungi.

Meski demikian, pihaknya optimis permintaan anggaran tersebut bakal direstui pusat. Alasanya, BNPB telah memberikan respon dengan turun melakukan peninjauan lapangan. “Beberapa bulan lalu, pihak BNPB datang langsung di Baubau dan melakukan peninjauan lapangan. Melihat langsung kondisi dua tanggul yang kita usul diperbaiki. Tapi itu baru peninjauan tahap satu. Masih ada kajian berikutnya yang akan dilakukan langsung oleh tim teknis dengan melihat langsung kerusakan kemudian membandingkan dengan usulan anggaran yang telah kita ajukan. Apakah dana Rp 15 miliar tersebut cukup, lebih atau bahkan kurang. Makanya saat ini kita masih menunggu tim teknis tersebut,” sambungnya.

Saat kujungan pertama, BNPB berjanji akan menurunkan tim teknis. Hanya, dilakukan secara bertahap. Semua direncanakan akan direalisasikan tahun ini. (c/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top