Pariwara
Buton Tengah

Sumber Air di Buteng Dipetakan

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Buton Tengah (Buteng) sedang melakukan kajian untuk memetakan sumber air. Kegiatan tersebut digagas bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Halu Oleo (UHO). Hal tersebut dapat memudahkan perencanaan pembangunan, utamanya dalam bidang sumber daya air. Ketua Tim Peneliti LPPM UHO, Dr. La Baco S, mengatakan, pihaknya akan meneliti sumber (mata air) seperti sungai dan gua di Buteng. Mereka akan menghitung debit dan kubikasi sumber air untuk digunakan hingga 20 tahun mendatang.

Selain itu, pihaknya juga akan membuat peta spasial yang menggambarkan posisi sumber air sehingga dapat memudahkan dalam menyusun perencanaan pembangunan. “Hasilnya akan kami buat dalam bentuk dokumen yang merangkum semua kegiatan dalam penelitian. Sebagai langkah awal kami meminta informasi untuk mengetahui sumber air yang ditemukan masyarakat. Kami berharap semua sumber air di Buteng bisa teridentifikasi dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Buteng, La Ode Syamsuddin Pamone, mengatakan, pemetaan sumber air tersebut dapat menjadi informasi dasar terkait kebutuhan air di daerah, baik untuk konsumsi maupun irigasi. Pihaknya meminta LPPM UHO melakukan kajian yang memetakan sumber air layak dan tak layak konsumsi. Termasuk menganalisis semua potensi sumber air baik sungai maupun gua.

“Kegiatan ini masih dalam seminar awal. Tim peneliti dan pemerintah kabupaten (Pemkab) saling tukar informasi, diskusi, memberi masukan terkait potensi sumber-sumber air di Buteng. Apalagi kerja sama ini merupakan tindak lanjut memorandum of understanding yang dibuat beberapa waktu lalu,” jelasnya. La Ode Syamsuddin Pamone mengungkapkan, output yang diharapkan dari penelitian itu adalah sumber air dipetakan dilengkapi data debit dan kubikasinya. Dengan demikian, Pemkab dapat mengkonservasi potensi-potensi air layak dan tak layak untuk digunakan secara berkesinambungan oleh masyarakat.

“Dengan demikian, kami memiliki dasar untuk merencanakan pembangunan yang berkaitan dengan kebutuhan air. Pasalnya pertumbuhan penduduk memiliki korelasi positif dengan kebutuhan air,” tutupnya. (c/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top