Pariwara
Metro Kendari

Diminta Hindari Calo Los, PD Pasar Siap Akomodir Pedagang Pasar Panjang

Asnar

KENDARIPOS.CO.IUD — Sudah sepekan Pasar Panjang ditertibkan oleh Pemerintah Kota Kendari. Ratusan pedagang harus mencari lokasi baru berdagang. Sebagian pedagang sudah mengisi los dan lapak di Pasar Sentral Wuawua, pasar yang telah lama disiapkan pemerintah. Sebagian lainnya masih belum mendapat tempat.

Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Kendari siap mengakomodir pedagang yang belum mendapat tempat. Asalkan pedagang mau disebar di sejumlah pasar tradisional dalam kota. “Ada sebagian sudah beli kios dan ada yang belum dapat tempat. Kita siap bantu berikan tempat, bisa di Paddy’s Market, Pasar Wayong, Pasar Nambo dan itu gratis. Semua pedagang dari eks Pasar Panjang memungkinkan terakomodir,” ungkap Direktur PD Pasar, Asnar, Jumat (27/7).

Mantan aktivis UHO ini menambahkan sebaiknya pedagang jangan menyewa kios dari calo, sebab itu akan membuat mereka mengeluarkan biaya tinggi. “Kemarin (jumat;red) ada orang yang mengaku perwakilan pedagang eks Pasar Panjang dan melapor bahwa ada 300 pedagang yang butuh tempat, saya minta datanya dan meminta pedagang datang tanpa diwakilkan, mendadak data 300 diralat menjadi 200 saja. Terlihat bahwa ada yang berniat “main”. Jadi kalau mau aman, pedagangnya ke sini (PD Pasar), Insya Allah kita fasilitasi,” papar Asnar.

Masalah calo kata dia memang menjadi PR besar bagi pemerintah saat ini untuk pengelolaan pasar yang lebih sehat. Sebab, setelah diidentifikasi, hampir sama semua keluhan yang ditemukan, yakni mahalnya sewa los pasar di Kota Kendari. Padahal Pemkot sudah memberikan standar harga terjangkau.

“Kalau Pasar Sentral Kota dan Sentral Wua-wua, memang sewanya beda dengan pasar lain, tapi kalau sewa los di Pasar Baruga sampai Rp 70 juta kan aneh. Begitu kita selidiki, ada permainan. Kita sedang kumpulkan bukti dan ada yang kita sudah cabut kepemilikannya. Cara ini memang penuh tantangan dan harus dihadapi demi perubahan yang lebih baik,” tutup Asnar. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top