Pariwara
Bombana

93 CJH Wakatobi dan 126 Asal Bombana Siap Berangkat

ILUSTRASI. aRHAM rASYID/KENDARIPOS

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 93 jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Wakatobi siap diberangkatkan. Pelepasan JCH tersebut dijadwalkan tanggal 1 Agustus mendatang. Segala persiapan telah dirampungkan. Kondisi kesehatan para jamaah dipastikan masih dalam keadaan stabil meski satu diantaranya terus dipantau. Rencananya, pemberangkatan pertama JCH sebanyak 49 orang akan dilaksanakan pada 2 Agustus dan 44 lainnya akan menuju Kota Makassar pada keesokan harinya, atau 3 Agustus.

“Seluruh JCH menuju Makassar dulu setelah itu tanggal 5 akan diberangkatkan ke Jeddah,” ungkap Staf Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Amalia, Jumat (27/7). Ia menambahkan seluruh JCH khususnya di Kaledupa, Tomia dan Binongko sudah harus berada di ibu kota kabupaten paling lambat pada tanggal 31 Juli ini. 93 JCH akan tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 23 dari Makassar.

“Yang jelas seluruh koper JCH tanggal 30-31 Juli sudah harus dikumpul di Bagian Kesra Sekretariat Kabupaten Wakatobi,” tambahnya. Sejauh ini hampir seluruh CJH dinyatakan sehat dan siap berangkat bersama rombongan. Namun ada salah seorang JCH asal Kelurahan Rukuwa Kecamatan Binongko, Wa Nende (73) yang hingga kini masih terus dipantau kondisi kesehatannya.

“Mungkin faktor usia. Tapi, kita pantau terus. Padahal suaminya merupakan JCH dengan usia tertua yakni 82 tahun dan kondisinya alhamdulillah masih sehat sampai saat ini,” ungkapnya. Rencananya, 93 JCH akan dilepas langsung Bupati Wakatobi, H. Arhawi.

Sementara itu 126 JCH asal Bombana juga tengah memersiapkan diri. Kamis (2/8) nanti, mereka akan berangkat ke embarkasi Makassar dan rencananya dilepas Bupati Bombana, H. Tafdil selaku pembina JCH. Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bombana, Jumaing, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya. Pihaknya berharap H. Tafdil dapat melepas kepergian para JCH dari Bombana menuju Bandar Udara Halu Oleo. “Kami sudah mengkonfirmasi waktu pelepasan ke Pemkab Bombana, harapan kami Bupati sendiri yang bisa hadiri acara seremoni nanti. Karena beberapa hari ini kesibukan bupati sangat banyak,” paparnya.

Calon haji asal Bombana akan tergabung dalam Kloter 21 bersama JCH Kendari, Konawe Utara, Kolaka Timur, Buton Tengah dan Buton Selatan. “Untuk berangkatnya bisa jadi bersamaan atau terbagi-bagi, tergantung pihak pendamping. Yang jelas nanti di Makassar semua akan berkumpul. Untuk satu keloter itu berjumlah 450 orang, terdiri dari Bombana 126, Kendari 149 JCH, Konut 43, Koltim 92, Buteng 27 dan Busel sembilan orang,” rincinya. Jumaing juga mengimbau seluruh JCH agar selalu menjaga kesehatan sesuai anjuran dokter saat dilakukan pemeriksaan sebelumnya. (b/thy/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top