Space Iklan
Pariwara
Konawe Kepulauan

Konkep Usul 351, Mubar 400 Kuota CPNS

Umar

KENDARIPOS.CO.ID — Sampai kini, belum ada informasi resmi kapan perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di daerah akan digelar, termasuk jumlah koutanya. Informasi yang beredar, Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional Sulawesi mewajibkan setiap daerah merekrut CPNS sesuai jumlah aparatur sipil negara (ASN) yang dinyatakan pensiun tahun ini. Jika mengacu pada putusan tersebut, maka berbanding terbalik dengan usulan kuota yang diajukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep, yakni 351 orang untuk formasi guru, tenaga kesehatan dan teknisi.

Informasi itu diketahui pihak BKPSDM Konkep saat melakukan persentasi di BKN Regional Sulawesi beberapa waktu lalu. Sekretaris BKPSDM Konkep, Umar, mengatakan, jika pedoman pemerintah pusat mewajibkan penerimaan CPNS di daerah sesuai jumlah ASN pensiun, maka sulit dilakukan Pemkab Konkep. “Tahun ini ada 12 orang ASN yang pensiun. Kalau mengacu pada pedoman pemerintah pusat itu, maka Konkep sulit merekrut CPNS. Padahal usulan kami sebanyak 351 kuota,” kata Umar saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Menurutnya, pihak BKD Sulawesi Tenggara (Sultra) juga telah melakukan komunikasi di Kementerian Perdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI untuk meminta petunjuk terkait penerimaan CPNS di daerah otonomi baru (DOB) seperti Konkep. “Hasil komunikasi BKD Provinsi di KemenPAN-RB, DOB ada pengecualian penerimaan CPNS dan tidak mengacu pada jumlah pegawai pensiun. Termasuk Konkep yang ada pengecualian,” jelasnya.

Sejauh ini belum ada informasi resmi perekrutan CPNS dari KemenpanRB yang sudah direncanakan tahun ini. Informasi yang saat ini beredar di sosial media dapat dipastikan tidak benar. “Kita sabar saja untuk menunggu informasi resmi penerimaan CPNS. Jangan percaya yang tersebar di sosial media. Bisa jadi situs itu abal-abal dan merugikan diri sendiri,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Muna Barat (Mubar), Eko Sudiyanto, juga menegaskan, soal penerimaan CPNS masih menunggu petunjuk teknis dari KemenPAN-RB dan BKN. “Saat ini kami masih melakukan koordinasi dan konsultasi ke pusat, termasuk berkomunikasi terkait persiapan tes nanti. Mulai dari keamanan, unsur sarana komputer dan pelaksanaan seleksi,” jelasnya. Eko menegaskan, Pemkab Mubar sudah menyertakan kebutuhan pegawai dalam setiap penerimaan sebanyak 400 kouta. (c/san/yaf)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top