Pariwara
Konawe Utara

Bupati Konut Laporkan Kerusakan Trans Sulawesi ke Presiden

HUMAS PEMKAB KONUT FOR KENDARI POS
JALUR MOROSI : Bupati Konut Ruksamin (membelakang, berdiri) saat melaporkan kondisi jalan Trans Sulawesi di otoritanya yang hingga kini masih rusak, ke Presiden RI, Joko Widodo.

KENDARIPOS.CO.ID — Kerusakan jalan Trans Sulawesi di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe kini telah diketahui Presiden, Joko Widodo. Karena rusaknya ruas jalan yang menghubungkan tiga kabupaten dan provinsi itu, sangat dirasakan warga Kabupaten Konawe Utara (Konut). Imbasnya, kenaikan kebutuhan pangan menuju Konut mengalami peningkatan signifikan. Baik kebutuhan sandang, pangan maupun kebutuhan material bangunan yang terdistribusi dari Kota Kendari.

Kondisi kerusakan jalan Trans Sulawesi itupun telah disampaikan Bupati Konut, Ruksamin pada Presiden, Joko Widodo dalam agenda rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Grand Sahid Hotel, Jakarta Selatan, Kamis (26/7) lalu. “Pak Presiden, saya Ruksamin Bupati Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Ingin menyampaikan jika di daerah saya ada satu pekerjaan proyek jalan yang sudah memasuki tahun keempat dikerjakan, tapi tak kunjung usai. Sampai saat ini kendaraan yang melintas harus terjebak lumpur, akibat jalan yang dilalui sudah menjadi kubangan,” keluh Ruksamin pada presiden seperti dikutip Kabaghumas Pemkab Konut, Laode Amanuddin, Jumat (27/7).

Ruksamin menuturkan kerusakan jalan Trans Sulawesi sudah seringkali dikeluhkan Pemkab Konut. Bahkan suratpun sudah pernah dilayangkan Pemkab Konut pada pihak Balai Wilayah IV yang menangani jalan Trans Sulawesi tersebut. Namun kondisi jalan yang didanai APBN tak kunjung rampung hingga sampai saat ini. “Supaya daerah tidak terisolasi, Pemkab Konut terpaksa harus bekerja membuka akses jalan provinsi secara swadaya. Biar masyarakat melintas di ruas jalan yang medannya tidak sulit, dibanding harus melintasi jalan Trans Sulawesi yang sulit dilalui akibat kubangan lumpur yang dalam,” lanjutnya.

Jika Trans Sulawesi sudah membaik, Ruksamin mengaku akan memberikan manfaat bagi Konawe Utara. Inflasi daerah dengan harga di pasaran kembali normal seperti sebelum jalan tersebut mengalami kerusakan parah. “Yang jelas Pak Bupati tak henti-henti memperjuangkan perbaikan jalan Trans Sulawesi itu. Karena ini berkaitan dengan keberlangsungan masyarakat Konut yang terkena imbas kerusakan jalan,” ujar Kabaghumas, Laode Amanuddin.

Ia mengaku, Presiden Joko Widodo telah mencatat keluhan warga Konut yang disampaikan Ruksamin. “Pak Presiden sudah mengintruksikan pada pihak kementerian terkait untuk menindaklanjuti keluhan itu,” tandasnya. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top