Space Iklan
Pariwara
Edukasi

BAN S/M Sultra Siap Akreditasi 54 Ribu Sekolah

Agus Setiawan/Kendari Pos
Ketgam: Kepala BAN S/M Sultra, Prof. Dr. H. Anwar Hafid, M. Pd., (kiri) saat memimpin Rapat Program Kerja Badan Akreditasi Sekolah dan Madrasah (BAN S/M) Sultra yang digelar di LPMP Sultra, Jumat (27/7).

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam rangka mewujudkan lembaga akreditas sekolah atau madrasah yang profesional, terpercaya dan terbuka, Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BAN S/M) Sultra menggelar rapat kerja bersama. Rapat ini melibatkan perwakilan dari sekolah dan madrasah yang ada di Sultra, Jumat (27/7).

Kepala BAN S/M Sultra, Prof. Dr. H. Anwar Hafid, M. Pd., mengungkapkan, tahun ini secara nasional, BAN S/M akan mengakreditasi sebanyak 54 ribu sekolah dan madrasah, khusus Sultra pihaknya akan mengakreditasi 927 sekolah dan madrasah. “Makanya kami laksanakan rapat program kegiatan tahun 2018 agar bisa lebih siap dalam proses akreditas S/M,” ungkapnya.

Prioritas sekolah dan madrasah yang akan diakreditasi tahun ini adalah sekolah dan madrasah yang belum terakreditasi serta sekolah dan madrasah yang telah habis masa akreditasi selama 2 tahun atau lebih. “Intinya kami akan melakukan pemerataan akses akreditasi terutama di daerah terdepan, tertinggal dan terluar (3T),” jelasnya.

Walau kepengurusan BAN S/M Sultra baru ditetapkan Februari 2018 lalu, Prof. Anwar sudah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan akreditas seluruh sekolah dan madrasah di Sultra. Antara lain, melaksanakan rapat kordinasi dan sosialisasi, merekrut serta melatih tenaga asesor, dan melaksankan visitasi.

Lanjut dia, secara nasional, akreditasi Sultra saat ini berada diperingkat tiga terbawah. Hal ini bisa dilihat dari pengalaman tahun lalu. Yang menjadi kelemahan utama sekolah dan madrasah di Sultra karena belum bisa memenuhi 2 standar dari 8 standar yang dinilai, yaitu standar sarana dan prasarana dan standar pendidik dan tenaga kependidikan.

“Kedua standar ini sangat tergantung pada kebijakan pemerintah daerah, karena guru tidak bisa berbuat banyak untuk pembangunan fisik sekolah dan madrasah,” kata Prof. Anwar. Dia juga berharap, ke depan Pemerintah Daerah di 17 kabupaten / kota yang ada di Sultra bisa lebih melibatkan diri dan berperan dalam proses pengakreditasian sekolah dan madrasah demi peningkatan kualitas pendidikan di Sultra. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top