Pariwara
Kolaka Utara

2,8 Juta Kg Pupuk untuk Petani Kakao di Kolut

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
REVITALISASI KAKAO : Aktivitas pembibitan kakao di Desa Kaluku-luku, Kecamatan Kodeoha yang masih berlangsung. Tak hanya membagi bibit, Pemkab Kolut melalui instansi teknis juga mengadakan pupuk untuk disalurkan ke petani.

KENDARIPOS.CO.ID — Rencana penyebaran bibit ke sejumlah petani dalam mendukung program revitalisasi kakao yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) akan dilengkapi dengan pengadaan pupuk. Pengadaannya sudah berjalan 70 persen dan dipasok dari produsen berbendera PT Harmoni asal Sulawesi Selatan. Jumlahnya mencapai 2.880.000 kilogram (Kg).

Kabid Perkebunan pada Dinas Pertanian Kolut, Muhammad Shadik, menjelaskan, pupuk yang diadakan itu berupa kompos sesuai kontrak yang berjangka 120 hari. Pemkab memilih pupuk kompos ketimbang yang berbahan kimia untuk menyesuaikan dengan kondisi tanah agar lebih gembur dan memudahkan adaptasi tanaman. Pihaknya juga telah meminta kualifikasi rekanan pengadaan hingga meminta masukan dari konsultan teknis dan akademisi untuk uji kualitas produk pupuk tersebut.

Alumnus Jurusan Agronomi UMI Makassar itu mengatakan, jika pengadaannya sudah tuntas, maka dananya siap dicairkan 100 persen. “Harus tuntas sesuai kontrak karena akan diwarning jika tidak tepat waktu,” tegasnya. Sebagian besar pupuk kompos tersebut sudah menyebar pada tempat-tempat penampungan sementara di Kolut. Saat penyaluran bibit dilakukan juga akan diikuti penyerahan pupuk sesuai data calon penerima calon lahan (CPCL). Dari 2,8 juta Kg pupuk itu dengan luas lahan tanam tahap pertama 2.300 hektare, maka diestimasi tiap hektarenya petani mendapat jatah 900 Kg. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top