Pariwara
Buton Tengah

Warga Miskin di Buteng Masih 16.000 Jiwa

Zamrud

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Sosial (Dinsos) Buteng Tengah (Buteng) melansir, ada kurang lebih 16.000 jiwa di daerah itu tercatat sebagai warga miskin sesuai data Kementerian Sosial (Kemensos). Angka tersebut mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya sebanyak 20.000 jiwa. Penurunan angka tersebut merupakan upaya yang dilakukan Dinsos dalam verifikasi dan validasi data warga miskin.

Kepala Dinsos Buteng, Zamrud, menuturkan, upaya perbaikan data warga miskin tersebut dilakukan secara mandiri dengan memberdayakan tenaga honorer. Pihaknya tidak mendapat alokasi anggaran daerah untuk melakukan verifikasi dan validasi warga miskin. Padahal, banyak yang secara ekonomi sudah mapan tapi masih tercatat sebagai warga miskin.

“Dalam pembahasan anggaran yang lalu, usulan kami sebanyak Rp 600 juta untuk melakukan verifikasi dan validasi data warga miskin, ditolak. Kendati demikian, kami tetap berupaya memperbaiki data hingga mengalami penurunan sebanyak 4.000 jiwa. Dalam kegiatan ini kami menemukan banyak warga yang mampu secara ekonomi namun tercatat sebagai warga miskin,” ungkapnya, kamis (26/7).

Zamrud mengungkapkan, beberapa bulan lalu, kepala daerah menegur pihak Dinsos karena tidak melakukan perbaikan data warga miskin. Pasalnya, Pemkab Buteng sudah diingatkan Kemensos karena data warga miskin tidak diperbarui, yakni masih tercatat sebanyak 20.000 jiwa. “Kami menyampaikan ke bupati jika tidak mendapat alokasi anggaran untuk verifikasi dan validasi data warga miskin. Padahal Kemensos sudah menyampaikan agar daerah menyiapkan anggaran sendiri untuk perbaikan data ini. Namun berkat kerja keras yang kami lakukan, data warga miskin turun hingga 4000 jiwa,” tutupnya. (c/myu)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top