Pariwara
Nasional

BMKG Gelar Sekolah Lapang Nelayan di Kendari


BMKG Kendari menggelar sekolah lapang nelayan (SLN) dalam mengantisipasi kondisi cuaca saat ini. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada salah satu hotel di Kendari, Rabu malam (25/7). Foto: Adwin Barakati/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menggelar Sekolah Lapang Nelayan (SLN) di salah satu hotel di Kendari, Kamis (26/7). Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman cuaca dan iklim maritim guna mendukung produktifitas perikanan dan keselamatan pelayaran. Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari ini diikuti penyuluh perikanan dari Dinas Kekuatan dan Perikanan (DKP) kabupaten/kota se- Sultra. Turut hadir Kepala Balai Besar Wilayah IV Makassar A. Fahri Rajab, Kepala Stasiun Meterologi Kendari Ramlan dan Mantan Kepala Stasiun Meterologi Kendari, Adi Setyadi.

Deputi Bidang Meterologi BMKG Pusat, Drs Mulyono Prabowo mengatakan kondisi gelombang tinggi dilaut dapat disebabkan apa saja. Potensi cuaca buruk , kata dia informasinya terus dipublis agar masyarakat bisa waspada sejak dini saat melakukan aktivitas di lautan. “Kegiatan ini dilakukan karena kurangnya pemahaman masyarakat tentang cuaca buruk dalam terminologi di lapangan,” katanya.

Ia mengatakan lembaganya memberikan informasi cara mendeteksi cuaca buruk di tengah laut. Informasi BMKG dapat diteruskan kepada nelayan, petani tambak dan lainnya. Dengan begitu nelayan dapat menkngkatkan kewaspadaannya. Paling tidak, kata dia dengan melakukan hal itu dapat menghindari kecelakaan laut. Karena kalau nelayan mengetahui kapan cuaca buruk, nelayan bisa cepat mengantisipasinya.

Kegiatan SLN ini dilakukan setiap tahun. Hingga kini, pelaksanaannya telah dilakukan di 11 Provinsi se-Indonesia. Dia berharap pemahaman tentang cuaca buruk dapat tersampaikan ke semua orang-orang yang selalu melakukan aktivitas di lautan. “Semoga informasi yang disampaikan kepada penyuluh perikanan ini dapat sampai ke tingkat masyarakat nelayan. Dengan dialog seperti ini, masyarakat kedepannya dapat mengetahui informasi tentang cuaca,” katanya. (ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top