Pariwara
Edukasi

IAIN Kendari Dukung Pembangunan Muna

La Ode Alfin/Kendari Pos
Suasana penyambutan mahasiswa KKN dari IAIN Kendari di Masjid Al Munajat Raha, rabu (25/7)

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 460 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari telah tiba di Kota Raha, Kabupaten Muna. Rombongan diterima langsung Bupati Muna LM Rusman Emba beserta jajaran birokrasi lainnya. Acara penerimaan peserta KKN dilakukan di Masjid Al Munajat Raha pada Rabu (25/7).

Rupanya, pemilihan masjid sebagai tempat menerima peserta KKN, bukan tanpa alasan. Selain ingin menunjukkan karya pembangunan di otoritanya, Rusman juga ingin menyampaikan pesan kuat bahwa masjid juga harusnya menjadi titik awal pembangunan peradaban masyarakat. Makanya, dia ingin peserta KKN memusatkan kegiatannya di masjid-masjid tempat kegiatan KKN berlangsung.

“Masjid (Almunajat) ini merupakan kebanggaan masyarakat Muna dan menjadi simbol dimana pembangunan dimulai. Sebagaimana jaman Rasulullah SAW, masjid bukan saja tempat salat. Melainkan tempat merumuskan peradaban. Masjid jadi tempat pemerintah menyelesaikan masalah kemasyarakatan. Untuk itu, peserta KKN IAIN Kendari harus menjadikan masjid sebagai sentrum kegiatannya,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, dia tidak saja menyampaikan terima kasih atas pemilihan daerah yang dipimpinnya sebagai lokasi KKN. Ia juga memaparkan sejumlah program unggulan daerah. Diantara yang paling dibanggakan ialah terbentuknya kampung Quran di Muna. Kepada segenap sivitas akademika IAIN Kendari, dijelaskan jika Muna merupakan satu-satunya daerah yang memiliki terobosan membentuk kampung Quran di Sultra. Makanya, ia ingin mahasiswa KKN memanfaatkan inovasi itu agar bisa diterapkan di tempat lain.

“Kami punya dua Kamung Quran di Muna yakni di Mantobua Kec. Lohia dan di Tongkuno. Ide ini merupakan inovasi gerakan menghafal Quran bagi masyarakat. Mahasiswa bisa belajar sekaligus menerapkan ilmunya. Dan juga bisa membentuk kampung Quran di desa lain. Kami berharap IAIN membantu Pemkab dalam gerakan hafal Quran ini,” tambahnya.

Mantan senator DPD RI ini juga mempromosikan sejumlah destinasi unggulan diantaranya pantai Meleura, puncak Wakila, Gua Liangkabori dan Towea. Ia juga mengenalkan program Mai Te Wuna sebagai konsep pembangunan, tidak saja soal pariwisata melainkan sebagai langkah komprehensif membangun Muna lewat pintu investasi. “Mai Te Wuna itu program inovatif membangun Muna. Bagaimana kami membuka akses bandara, jalan di perlebar dan wisata dipoles. Itu semua upaya kami menata daerah supaya bisa berkembang dan maju,” urainya.

Pengganti dr. Baharuddin ini, mengaku punya hubungan dekat dengan IAIN Kendari. Semasa menjadi Ketua DPRD Sultra, dirinyalah yang membersamai Rektor memerjuangkan kenaikkan status dari sekolah tinggi menjadi Institut. Olehnya itu, ia pun meminta mahasiswa KKN memberi kontribusi bagi masyarakat Muna dengan mendukung program pemerintah setempat. “Sebagaimana kita sudah bekerja sama sebelumnya, sekarang bisa ditingkatkan lagi dengan sumbangsih nyata,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Kendari, Dr. H Nur Alim, M.Pd., memuji kiprah Bupati Muna LM Rusman Emba sebagai pejabat visioner. Ia mengungkapkan, salah satu alasan menempatkan peserta KKN di Kabupaten Muna adalah mendukung program pembangunan yang dijalankan Rusman. Hanya saja, dikatakannya jika KKN mahasiswa IAIN berbeda dengan kampus lain. Pihaknya lebih menekankan pembangunan akhlak manusia, ketimbang hanya melaksanakan program fisik. Untuk itu, ia memastikan kepada Bupati Muna, jika kehadiran mahasiswa akan memberi warna baru dalam masyarakat.

“Kami datang untuk mendukung gerakan Muna mengaji, zikir dan salat berjamaah (GEMA SABAR) yang dijalankan Bupati. Insya allah mahasiswa kami akan bermanfaat bagi masyarakat,” imbuh sembari menyebut jika KKN akan dilakukan selama 45 hari. (Ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top