Pariwara
Konawe Selatan

Rp 13,5 M Bangun TPAS di Konsel

KAMALUDDIN/KENDARI POS
TPAS : Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (depan) bersama sejumlah pejabat memantau pekerjaan proyek TPAS di Kelurahan Potoro, Kecamatan Andoolo, selasa (24/7)

KENDARIPOS.CO.ID — Sebentar lagi, warga Konawe Selatan (Konsel) akan memiliki sarana pengelolaan sampah. Hal itu dibuktikan dengan adanya upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) membangun tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) di Kelurahan Potoro, Kecamatan Andoolo. Selasa (24/7), Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga bersama pejabat terkait telah melakukan pemantauan proyek yang akan menghabiskan anggaran Rp 13,5 miliar bersumber dari APBN.

“Setelah sekian lama diperbincangkan, akhirnya Pemkab Konsel segera miliki TPAS berstandar nasional,” ungkap Surunuddin. Mantan legislator Provinsi Sulawesi Tenggara itu optimis, proyek tersebut bisa dimanfaatkan tahun 2019 mendatang. “Paling lambat November 2018 proyek ini sudah tuntas, dan tahun depan bisa digunakan,” optimisnya. Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Konsel, H. Burhanuddin, mengungkapkan, TPAS tersebut akan difungsikan sebagai tempat proses akhir sampah yang ada di kabupaten.

“Jadi ini metode pengelolaannya semua sampah, organik dan nonorganik. Sampah tersebut nantinya akan menimbulkan gas metan,” jelasnya. Ia menhelaskan, Pemkab hanya menyiapkan lahan seluas lima hektare. Untuk sarana dan prasarana angkutan sampah, juga akan dialokasikan khusus melalui Kementerian PU serta Satker Penyehatan Lingkungan dan Perumahan. “Nantinya sejumlah armada dan fasilitas pendukung tersebut akan melayani lima kecamatan utama yang ada di Konsel. Yakni Andoolo, Palangga, Tinanggea, Laeya dan Lainea,” tandasnya. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top