Pariwara
Politik

KPUD Konut Coret Bacaleg Mantan Napi Korupsi

Ilustrasi Caleg Koruptor

KENDARIPOS.CO.ID — Hasil verifikasi bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Konawe Utara (Konut) telah rampung. Dari hasil penelitian administrasi awal, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konut menemukan Bacaleg yang teridentifikasi mantan narapidana kasus korupsi.

“Dari hasil verifikasi, ada Bacaleg yang kita temukan salinan putusannya. Bila merujuk pada ketentuan dan pendatanganan pakta integritas, maka yang bersangkutan tidak memenuhi syarat (TMS). Atas dasar itu, Bacaleg tersebut dinyatakan gugur,” beber Yusdiana, Komisioner KPUD Konut, Selasa (24/7).

Saat ini kata Koordinator Divisi Perencanaan Program Data dan SDM ini, masih menelusuri berkas-berkas yang masuk. Pasalnya, KPU mengidentifikasi adanya Bacaleg mantan napi korupsi belum dinyatakan TMS. Hal ini disebabkan KPU belum menerima salinan putusan dari pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

“Jadi kita belum bisa kategorikan belum memenuhi syarat. Karena kita belum melihat salinan putusannya. Ketika salinan putusannya masuk kemudian dikategorikan masuk dalam tiga kasus yakni korupsi, narkoba dan pelecehan seksual maka secara otomatis akan TMS,” ujar mantan pengurus AJI Kota Kendari.

Sejauh ini kata Yusdiana, baru satu Bacaleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dari hasil verifikasi faktual berkas. Putusan KPU merujuk pada Peraturan Komis Pemilihan Umum (PKPU) nomor 20 tentang kelengkapan administrasi caleg DPRD provinsi dan kabupaten/kota. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top