Pariwara
Nasional

Hado Minta Presiden Intervensi Pembangunan Baubau

SALAMAN: Pj Walikota Baubau, Dr Ir Hado Hasina MT bersalaman dengan Presiden Jokowi dalam pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota eluruh Indonesia. Foto: Ist/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pj Walikota Baubau, Dr Ir Hado Hasina MT meminta Presiden Jokowi untuk mengintervensi pembangunan infrastruktur utama di Kota Baubau. Pembenahan infrastruktur secara nasional akan sangat membantu mempercepat pembangunan kota-kota di Indonesia.

Hal itu disampaikan langsung Hado kepada Presiden Jokowi di acara pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia di Jakarta, awal pekan ini. Infrastruktur utama dimaksud yakni, pelabuhan Murhum, bandara Betoambari, dan dukungan transportasu massal untuk mengatasi kepadatan jalan kota. Pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia berlanjut di Tangerang, tadi malam.

“Alhamdulillah, presiden menyambut positif beberapa usulan yang kami sampaikan di pertemuan Apeksi. Salah satunya, akan ada bantuan bus dari presiden melalui Kemenhub,” kata Hado via telepon selularnya kepada wartawan Kendari Pos, Selasa (24/7).

Untuk pembangunan Bandara Murhum, ungkap Hado, masih butuh perpanjangan runway agar dapat didarati pesawat berbadan lebar, serti boeing. Untuk kepentingan tersebut pemerintah kota dan pemerintah provinsi akan mendukung pembangunan tersebut melalui pembebasan lahan di area bandara, terutama di bagian selatan runway.

Sedangkan pelabuhan Murhum Baubau, menurut Hado, sudah harus diserahkan penanganannya kepada badan usaha pelabuhan dengan pola konsesi. Dengan demikian pemerintah tak perlu lagi membiayai pembangunan dermaganya kecuali, areal lapangan penumpukan kontainer.

Hal lain yang disampaikan Hado, yakni penataan manajemen rekayasa lalulintas pada sistem transportasi darat di simpul terminal tipe B Lakologou yang dilengkapi dengan rest area Waramosiu dan rest area pantai Nirwana. Antara Lakologou rest area dan pelabuhan Murhum serta Betoambari harus diintegrasikan dengan sistem angkutan massal berbasis jalan dan dukungan halte Kawalingka. “Bantuan angkutan massal itu nantinya akan mengantisipasi kemacetan akibat penggunaan kendaraan pribadi secara tak terkontrol,” katanya. (wal)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top