Pariwara
Konawe Kepulauan

Gagal Raih WTP, Kepala OPD Konkep Terancam

H. Amrullah

KENDARIPOS.CO.ID — Harapan Bupati Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), H. Amrullah untuk meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) pada tahun 2018 ini, gagal terealisasi. Tata kelola adminsitrasi dan keuangan di daerah itu hanya mendapat pengakuan wajar dengan pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sultra, sama dengan Kabupaten Kolaka Timur dan Buton Selatan.

Dengan raihan tersebut, Bupati Konkep, H. Amrullah, langsung mengelar rapat tertutup bersama Kepala Organisasi Perangkat Derah (OPD) hingga staf di Aula Serba Guna Lingkaran Hati Emas, Selasa (24/7). Usai pertemuan tersebut, Amrullah mengaku, ia kembali menekankan pada Kepala OPD di otoritanya untuk selalu meningkatkan kinerja. “Perjanjian saya, pakta integiritas dengan Kepala OPD. Salah satu penilaian kinerja ke depan nantinya, kami akan identifikasi OPD yang macet. Itu yang akan diberi sanksi,” kata Amrullah, saat ditemui di ruang kerjanya.

Konkep-1 itu mengaku, ada beberapa hal yang menyebabkan daerahnya belum menyandang predikat WTP tahun ini. Itu karena belum tuntasnya penyerahan aset Konawe ke Pemkab Konkep. Kepatuhan penyelesaian temuan BPK secara kumulatif dari 2013 sampai tahun 2018 ini juga belum berjalan maksimal. “Yang kami baru selesaikan pengembalian saat ini sekitar 83 persen. Sementara persyaratan untuk meraih WTP sekitar 85 persen pengembalian sudah dituntaskan. Dua persen lagi baru kami bisa meraih WTP,” katanya.

Mantan Kadis Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Konkep itu berjanji akan menuntaskan pengembalian yang menjadi temuan pemeriksa keuangan selama ini. Ia menargetkan, pada triwulan ketiga sampai akhir tahun ini, 90 sampai 95 persen akan dituntaskan. “Meski target kami tahun ini masih meleset untuk meraih WTP, tapi alhamdulillah kami masih bisa bertahan dengan opini WDP. Kami sudah berusaha semaksimal mungkin,” tandasnya. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top