Pariwara
Bau-bau

47 Paket Proyek di Baubau Belum Dilelang

Mohammad Abduh

KENDARIPOS.CO.ID — Pembahasan anggaran pendapatan belanja daerah perubahan (APBDP) 2018 Kota Baubau, tak lama lagi akan dilakukan. Namun begitu, pemanfaatan uang daerah dari APBD murni untuk pembiayaan sejumlah pekerjaan proyek pembangunan, belum bisa dimaksimalkan. Ada sekitar 47 proyek pekerjaan fisik dari APBD awal 2018 belum dilakukan proses lelang. Informasi itu disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Sekretariat Kota Baubau, Mohamad Abduh.

“Dari total 184 paket APBD induk, baru sekitar 52 paket yang dilakukan kontrak atau dikerjakan. Kemudian sebanyak 85 paket sementara dalam proses lelang. Sisanya lagi (47 paket) belum sama sekali. Itu berdasarkan data per 30 Juni 2018,” kata Mohamad Abduh saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (24/7). Lambatnya eksekusi pelaksanaan lelang proyek tersebut, lanjut dia, menjadi persoalan yang belum diketahui pasti. Sehingga semua itu menjadi tugas yang harus disikapi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk segera diselesaikan.

“Kemungkinan ada kendala di SKPD yang bersangkutan. Misalnya sumber daya manusia (SDM) tidak siap atau bisa jadi persoalan dari konsultan perencananya,” terang Abduh. Sebab menurutnya, unit layanan pengadaan (ULP) tidak ada kendala. “Saya pernah jadi kepala ULP dan sebanyak apapun usulan lelang proyek yang dimasukkan SKPD, semua tetap akan dikomodir. Makanya, apapun yang menjadi kendala persoalan ini menjadi pekerjaan rumah untuk kita lakukan percepatan. Apalagi waktu terus berjalan,” sambungnya.

Kata dia, dari keseluruhan proyek APBD awal, terdapat tujuh paket proyek dengan anggaran di atas Rp 2,5 miliar. Empat diataranya sudah kotrak dan selebihnya sementara dalam proses lelang. “Saya tidak tahu pasti paket apa saja. Yang jelas itu adalah proyek pekerjaan fisik,” ucapnya. Dari 52 paket proyek yang pengerjaannya sudah berjalan, realisasi pembangunan fisik baru mencapai 29,38 persen. Capaian tersebut terbilang minim mengingat telah memasuki triwulan ketiga 2018. “Tetapi menurut saya capaian realisasi tersebut masih dalam tataran wajar. Karena pekerjaan fisik baru kita mulai pada Mei dan Juli kemari,” argumennya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top