Pariwara
Konawe Selatan

BPK akan Evaluasi Kinerja Kades di Konsel

KENDARIPOS.CO.ID — Para kepala desa (kades) yang ada di Konawe Selatan (Konsel) diajak untuk terus menerapkan tata kelola dan penatausahaan keuangan desa yang efektif, transparan dan akuntabel. Anggota VI BPK RI, H. Harry Azhar Asis didampingi anggota DPR RI, Haerul Saleh dalam kunjungan kerjanya di daerah itu juga mengaku, pihaknya berencana melakukan pemeriksaan kinerja 84 ribu Kades di Indonesia. Beberapa diantaranya akan dijadikan sampel dalam pemeriksaan distribusi pengelolaan anggaran dana desa, dan tidak menutup kemungkinan dari Sultra dan Konsel, khususnya.

“Kita akan ambil Konsel sebagai contoh, terkait efektivitas pengelolaan dana desa tersebut. Ini program nasional yang akan kita rumuskan untuk pengelola desa terbaik. Setelah itu akan diusulkan pemberian reward dari BPK RI pada pemerintah dan DPR,” ungkapnya, senin (23/7). Harry mencontohkan, di Konsel ada 336 desa. Dari jumlah itu, sekitar 20 persen atau 30 desa akan dievaluasi sejauh mana distribusi pengelolaan uang negara selama ini. “Apa betul dana itu digunakan untuk kesejahteraan masyarakat atau tidak,” tandasnya.

Dikesempatan itu, mantan Ketua BPK RI tersebut juga mengapresiasi prestasi yang dicapai Pemkab Konsel atas raihan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dua kali berturut-turut. “Jadi ini sebagai bukti bahwa Bupati Konsel dianggap sudah lulus mengelola keuangan, karena sudah WTP dua kali,” sanjungnya.

Sementara itu, Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi atas penghargaan yang diberikan BPK selama ini. “Ini akan menjadi cambuk bagi kami untuk terus memertahankan dan bisa bekerja lebih baik lagi. karena ini adalah upaya untuk menyejahterakan masyarakat,” imbuhnya. Dikonfirmasi terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konsel, Hj. Marwiyah Tombili, menambahkan, dialog bersama BPK RI itu dilakukan dalam rangka peningkatan efektifitas pengelolaan dana desa.

“Peserta berasal dari 36 desa dan 22 kecamatan. Jadi kita hanya memediasi pihak kepala desa untuk bisa berdiskusi langsung dengan pihak BPK RI terkait pengelolaan dana desa,” katanya menambahkan dalam acara yang turut dihadiri Kepala BPKP Sultra, Hermanto, Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin, Ketua DPRD, Irham kalenggo dan pejabat lainnya. (b/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top