Pariwara
Politik

Tak Penuhi Persyaratan, Bacaleg Bisa Dicoret

KENDARIPOS.CO.ID — Hasil penelitian administrasi bekas bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) telah diserahkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka Timur (Koltim). Sesuai tahapan, penyelenggara memberi kesempatan bagi partai politik (Parpol) melengkapi berkas persyaratan.

Komisioner KPUD Koltim, Adly Yusuf Saepi mengatakan perbaikan berkas kelengkapan administrasi hanya sekali. Untuk itulah, ia mengingatkan agar Parpol maupun Bacaleg proaktif dalam memastikan kelengkapan berkas administrasinya yang disesuaikan dengan regulasi.

“Kami minta Parpol lebih proaktif dalam masa perbaikan. Jika ada yangg kurang dipahami, segera berkonsultasi dengan KPU. Pada prinsipnya, kami siap membantu. Sebelum diserahkan, hasil perbaikan kelengkapan administrasi tersebut terlebih dahulu harus diupload di Silon,” kata Adly Yusuf Saepi saat dikonfirmasi, Minggu (22/7).

Jumlah Bacaleg yang mendaftar ke KPU Koltim sebanyak 300 orang. Jumlah ini kurang dari kuota lantaran tidak semua Parpol mengisi kuota sebanyak 25 Bacaleg setiap Parpol. Partai Hanura misalnya, hanya menempatkan Bacalegnya di satu Dapil. Selain itu, masih ada beberapa Parpol yang tidak mengisi full kuotanya.

Bacaleg yang telah terdaftar kata dia, kemungkinan masih bisa dicoret bila dianggap tidak memenuhi syarat pencalonan. Masyarakat juga bisa memberikan masukan dan tanggapan terhadap Bacaleg. “Jadi hal ini harus menjadi perhatian. Seluruh masukan dan tanggapan, kami akan memberikan kesempatan pada Bacaleg melakukan klarifikasi,” ujarnya. (b/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top