Pariwara
Kolaka Utara

Status Ruas Rante Limbong-By Pass di Kolut Harus Diubah

H. Nur Rahman Umar

KENDARIPOS.CO.ID — Jalan nasional yang melintasi Lasusua, pusat ibu kota Kolaka Utara (Kolut) menuju Lasitarda saat ini sudah jarang dilalui kendaraan. Kondisi tersebut telah lama berlangsung sejak dibukanya rute By Pass sebagai jalur pintas yang menghubungkan Kecamatan Lasusua dan Katoi. Bupati Kolut, H. Nur Rahman Umar, mengutarakan, pihaknya sudah membicarakan hal tersebut ke Pemprov Sultra untuk membantu perubahan status jalan.

Sebab akses kabupaten dari Rante Limbong menuju By Pass yang menjadi usulan perubahan status itu menjadi jalan nasional. “Karena perannya sudah seperti jalan nasional. Semua kendaraan sudah melalui jalur ini dan tidak lagi lewat Lasitarda terkecuali warga setempat saja,” ujarnya, akhir pekan lalu. Panjangnya diperkirakan kurang lebih 20 kilometer. Lagi pula, jalan yang disarankan diusul tersebut sudah menjadi rute padat kendaraan. Di tengah kondisi APBD Kolut yang terbatas, juga membuat beban pemeliharaan lebih berat. “APBD kita hanya kisaran Rp 820 miliaran,” beber Nur Rahman Umar.

Nominal tersebut sudah terbagi pada dana alokasi khusus (DAK), anggaran untuk Dinas, Kesehatan, dana desa hingga gaji pegawai yang berkisar 35 persen. “Jadi tinggal 30 persen saja yang bisa kita atur atau programkan berdasarkan kearifan lokal. Ini perlu kami sampaikan ke masyarakat terkait besaran APBD Pemkab. Kami harap Pemprov sejalan dengan kami bersama saling mendukung ke pusat,” pungkasnya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top