Pariwara
Buton Utara

Kesbangpol Pantau Aktivitas 22 Warga Asing di Butur

Hadrian Indra Mapa/Kendari Pos
AWASI :
Pihak Kesbangpol Butur memantau aktivitas para warga asing yang datang berwisata di wilayah tersebut.

KENDARIPOS.CO.ID — Puluhan warga kebangsaan asing berbagai dari negara berkunjung ke Kabupaten Buton Utara (Butur). Tujuan mereka untuk berwisata di dalam hutan Lipu Tinadeakono Sara. Kendati demikian, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang) tetap memantau aktivitas dan gerak-gerik warga asing itu agar jangan ada tujuan terselubung. Pasalnya, lembaga yang mereka gunakan untuk melakukan riset tak jelas.

“22 orang asing masuk hutan Waculaea dan Petetea. Tujuannya, wisata alam selama dua pekan. Kebanyakan warga Selandia Baru dan berstatus mahasiswa. Selain rekreasi, juga ada yang melakukan riset,” jelas Kepala Bidang Nasional Kesbangpol Buton Utara, L.M Nafsahu, Jumat (20/7). Ia menambahkan, kegiatan orang asing itu tetap dipantau. Untuk mengantisipasi jangan sampai ada kegiatan terselubung mengancam keutuhan NKRI atau mengambil kekayaan alam yang ada.

“Sebab, wisata alam bisa saja ada agenda lain tak bisa terdeteksi. Ini yang kita waspadai,” tambahnya. Sementara itu, Kabid Ketahanan Seni Budaya, Agama, Kemasyarakatan dan Ekonomi, La Ode Junaiddin Samara, menuturkan, investigasi lembaga yang dipakai untuk melakukan riset warga asing itu memang tak jelas. Menurutnya, jika melakukan penelitian harus mengantongi izin Kemenristek Dikti. “Tujuannya, wisata alam aktivitas dalam hutan tetap dipantau. Jangan sampai ada kegiatan lain tersebunyi,” timpalnya. (b/had)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top