Pariwara
Politik

KPUD Konawe Serahkan Hasil Verifikasi Berkas Pendaftaran

PENYERAHAN BERKAS : Ketua KPUD Konawe, Muhammad Azwar (dua dari kiri) didampingi komisionernya, Andang menyerahkan hasil penelitian berkas pada Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Konawe, Mustaring (kanan) di kantor Sekretariat KPUD Konawe, Kamis (19/7) malam. FOTO: HELSON MANDALA PUTRA/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe telah menyerahkan berkas hasil penelitian kepada bakal calon legislatif (Bacaleg), untuk segera diperbaiki. Sebanyak 15 perwakilan partai politik (Parpol) mengambil berkas semua mereka di aula KPU setempat, Kamis (19/7) malam lalu.

Ketua KPUD Konawe, Muhammad Azwar mengatakan sampai akhir pendaftaran 17 Juli, pukul 24.00 wita lalu, hanya satu Parpol yang tidak bisa memenuhi berkas persyaratan. Atas dasar itu, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Konawe tidak bisa mengikuti Pileg. Sesuai jadwal, pendaftaran bacaleg terbuka mulai tanggal 5 sampai 18 Juli. Namun karena mayoritas Parpol mendaftar tiga hari terakhir, maka proses verifikasi dimulai tanggal 16 Juli lalu.

“Sejatinya, jadwal untuk penyerahan berkas untuk perbaikan itu 19 sampai 21 Juli. Tapi kami sengaja menyerahkan berkas hasil verifikasi lebih awal. Hal ini untuk memberikan kesempatan bagi Parpol melengkapi berkasnya,” kata Azwar Jumat (20/7).

Penyerahan berkas kata dia, harus dilakukan secepatnya. Pasalnya, proses pengurusan berkas terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama. Misalnya, surat lampiran pengunduran diri baik sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun TNI/Polri. “Dengan begini, ada waktu 10 hari sampai 29 Juli, untuk memperbaiki semua syarat yang belum lengkap,” ujarnya.

Setelah masa perbaikan selesai, akan dilanjutkan verifikasi syarat calon hasil perbaikan sampai 7 Agustus. Pada tanggal 8 sampai 12 Agustus, KPU akan menyusun daftar calon sementara (DCS). “Tapi, kalau sampai batas waktu yang ditentukan, mereka tidak juga melengkapi berkasnya, maka kami akan nyatakan tidak lolos verifikasi, dan tidak bisa lanjut caleg,” pungkasnya. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top