Pariwara
Nasional

Prabowo Pertimbangkan Lima Nama Cawapres

Sebagai contoh, Partai Gerindra selama ini dekat dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). PKS yang sudah menyodorkan sembilan nama cawapres ke Prabowo, kini telah mengerucutkan pilihan pada dua nama, yakni mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri.

Demikian halnya, kata Riza, dengan sosok Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan. Riza menilai Zulkifli adalah kader terbaik PAN yang patut dipertimbangkan. Selain itu, nama Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan juga dipertimbangkan sebagai representasi non parpol. “Kami melihat semua nama ini punya peluang,” ungkapnya.

Riza menambahkan, penentuan cawapres pendamping Prabowo tentu tidak bisa dilakukan dalam pembicaraan terpisah Prabowo dengan masing-masing pimpinan parpol koalisi. Pada saatnya nanti, Prabowo akan mengumpulkan semua pimpinan partai untuk melakukan pembicaraan antar partai, terkait visi bangsa di masa depan, pileg, hingga penentuan capres dan cawapres. “Nanti secara bersama-sama empat partai ini atau lebih akan duduk membahas cawapres terbaik untuk pak Prabowo,” ujarnya.

Di sisi lain, PKS memilih tidak banyak berkomentar terkait pertemuan antara Prabowo dengan SBY. Ketua Bidang Politik DPP PKS Pipin Sopian menyatakan, sampai saat ini, penentuan capres dan cawapres dalam koalisi diluar pemerintah belum final. “Buat PKS, kami menghormati semua komunikasi Partai Gerindra dengan partai lain,” kata Pipin.

Menurut Pipin, PKS saat ini berpegang pada komitmen yang dibuat Prabowo selaku Ketum Gerindra bersama PKS. Komitmen itu adalah kebersamaan kedua partai untuk mengusung capres dan cawapres antara Gerindra dengan PKS. Pipin meyakini bahwa Prabowo adalah sosok yang memegang komitmen. “Seperti komitmen PKS untuk setia menjadi partai oposisi bersama Partai Gerindra,” terangnya.

Pipin juga membenarkan bahwa nama Aher dan Salim Segaf adalah dua nama terakhir yang disodorkan PKS untuk mendampingi Prabowo. Dalam prosesnya, PKS juga terus melakukan komunikasi dengan Partai Gerindra untuk memastikan figur capres dan cawapres yang akan diusung. “Kalau untuk penentuan, tinggal menunggu masa yang tepat,” ucapnya.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyatakan bahwa nama dirinya hanyalah satu dari empat kandidat yang dimiliki PAN. Dirinya mempersilahkan kepada Prabowo untuk mempertimbangkan figur yang dimiliki oleh PAN. “Kalau PAN kan jelas, sekarang ada Zulkifli Hasan, pak Amien (Amien Rais, red), pak Hatta (Hatta Radjasa, red) dan mas Tris (Soetrisno Bachir, red),” kata Zulkifli.

Jubir Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan, SBY akan bertemu dg Prabowo pada 24 Juli mendatang. Sebelumnya, pertemuan tertunda karena SBY sakit dan dirawat di RSPAD hingga Kamis (19/7). “Pertemuan itu akan sangat menentukan posisi Partai Demokrat,” terang dia Kamis (19/7).

2 of 4

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top