Pariwara
Buton Tengah

Lianabanggai jadi Percontohan Budi Daya Ikan di Buteng

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Buton Tengah (Buteng) menetapkan Teluk Lianabanggai, Mawasangka Tengah, sebagai lokasi percontohan budi daya ikan air asin. Instansi tersebut akan mengajak masyarakat untuk membudidayakan ikan air asin di sekitar teluk. Program pemberdayaan itu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan setempat. Kepala DKP Buteng, Muh. Rijal, mengatakan, target program pemberdayaan tersebut adalah membina dan mengajak nelayan penangkap ikan untuk melakukan budi daya. Dengan demikian, masyarakat setempat tidak lagi menangkap ikan di sekitar teluk, tapi keluar teluk. Pihaknya menilai, jika masyarakat menangkap ikan di sekitar teluk hanya bisa memenuhi kebutuhan konsumsi sehari-hari.

“Melalui program ini kami akan untuk melakukan kegiatan budi daya di sekitar teluk Lianabanggai. Sebagai langkah awal kami lakukan percontohan agar masyarakat bisa menilai kelebihan dan kekurangan kegiatan budi daya. Apalagi karakter masyarakat kita, tidak akan berusaha sebelum melihat orang lain sukses,” ungkapnya, kamis (19/7). Rijal menjelaskan, selain Teluk Lianabanggai, Teluk Lasongko dan Selat Buton juga memiliki potensi untuk pengembangan budi daya ikan air asin. Diakuinya, anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan percontohan itu cukup minim. Makanya untuk tahap awal ditempatkan di Teluk Lianabanggai.

“Rencana akhir tahun nanti, kami akan melepaskan bibit ikan di Teluk Lianabanggai. Kami berharap kegiatan ini terlaksana dengan sukses seperti yang diharapkan. Dengan demikian, masyarakat bisa melihat sendiri hasil dari kegiatan budi daya ikan air asin,” tutupnya. (c/myu)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top