Pariwara
Wakatobi

Banyak Warga Wakatobi Kembalikan Dokumen Kependudukan

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Imbauan pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wakatobi pada warga agar segala dokumen penting yang diterbitkan lembaga tersebut dengan tanda tangan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas sebelumnya dikembalikan, mulai mendapat respon. Pasalnya, dokumen-dokumen penting seperti kartu keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian hingga pindah domisili dan lainnya, diklaim ilegal.

Kadisdukcapil Wakatobi, Abdul Rahim, mengaku, pihaknya hanya mengikuti instruksi dari salah satu kepala bidang wilayah Sulawesi Tenggara sesuai arahan pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Ia meminta agar masyarakat memaklumi kondisi ini dan segera melakukan pengembalian dokumen, agar tidak bermasalah dikemudian hari. “Makanya, setelah menjabat kembali, saya selalu menyampaikan ke masyarakat untuk segera kembalikan dokumen yang sempat di tandatangani Plt sebelumnya. Alhamdulillah sudah banyak yang berinisiatif datang ke kantor dan kami sangat terbuka,” ungkapnya, kamis (19/7).

Pengembalian segala dokumen yang diklaim ilegal ini harus diupayakan masyarakat. Agar jika nanti saat ada keperluan dan urusan, tak lagi menemui kendala. “Karena memang aturannya begitu. Apalagi kami masih memiliki SK kementerian sehingga yang berhak, kecuali Plt menggantikan pejabat (Kadis) yang berhalangan tetap seperti sakit atau meninggal dunia,” tambah Rahim.

Ia mengakui, pada dasarnya pejabat bisa mengisi posisi Plt di Disdukcapil Wakatobi asal ada rekomendasi dari Kemendagri. Kendati demikian, pihaknya berharap agar masyarakat segera melakukan pengembalian dokumen yang bertanda tangan Plt tersebut. Meski sudah sempat dimanfaatkan, sebaiknya diganti dengan dokumen yang bertanda tangan Kadisdukcapil Wakatobi definitif. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top