Pariwara
Buton

20 Titik Dipasang Alat Pemanen Hujan di Buton

WA ODE AMALA/KENDARI POS
PEMANEN HUJAN : Pihak BPBD Buton saat menggelar rapat bersama pemerintah kecamatan dan desa terkait rencana pemanfaatan perangkat pemanen hujan pada dua wilayah.

KENDARIPOS.CO.ID — Teknologi baru yang dikenal dengan alat pemanen air hujan sebagai solusi penangkal bencana di musim penghujan maupun kemarau, sedang dipersiapkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buton. Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Buton, Rizal Djalil, mengatakan, sebagai langkah awal, teknologi alat pemanen hujan akan dipasang pada 20 titik yang tersebar di dua kecamatan. Pemukiman warga, perkebunan, tempat ibadah, hingga kantor pemerintahan merupakan sasaran utama.

“Alat panen air hujan dipasang sebanyak 20 titik tersebar di Kecamatan Pasarwajo dan Wabula, sedangkan kecamatan lainnya akan menyusul, ” ujarnya, kamis (19/7). Rizal memaparkan fungsi alat panen hujan jika digunakan masyarakat dengan baik maka akan menjadi solusi krisis air bersih saat musim kemarau. Sementara saat musim hujan datang, alat ini bisa berfungsi seperti waduk penampung air.

“Alat ini akan menampung air melalui talang air yang sudah terpasang,” jelasnya. Perangkat itu sudah dirancang khusus sehingga hujan yang pertama kali turun bisa dikeluarkan dan diganti dengan air berikutnya. Pergantian tersebut karena air hujan yang turun pertama kali biasanya terdapat kotoran dan tidak layak. Setelah melalui berbagai proses sterilisasi, maka dapat dialirkan ke tempat penampungan yang berkapasitas ribuan liter.

Untuk diketahui, dalam penerapan penggunaan alat panen hujan ini, BPBD Buton telah menggelar rapat bersama dengan pemerintah desa dan kecamatan di kantor BPBD, Selasa (17/7) lalu, sekaligus sosialisasi tentang fungsi dan cara penggunaannya. (c/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top