Pariwara
Muna Barat

Tim Ditjen DOB Sanjung Perkembangan Mubar

YAFRUDDIN YADDI/KENDARI POS
DOB MAJU : Wakil Bupati Mubar, Achmad Lamani (kiri) saat menyambut Ketua Tim Ditjen Otoda, Nur Bowo Edy usai penyerahan laporan penyelenggaran pemerintahan daerah otonomi baru, rabu (18/7)

KENDARIPOS.CO.ID — Meski baru empat tahun menjadi daerah otonomi baru (DOB), namun dinamika pembangunan di Muna Barat (Mubar) sudah terlihat berada pada perencanaan serta perkembangan yang menggembirakan. Bahkan, dalam masa kepemimpinan Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada, daerah itu sudah dua kali mendapat penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI dalam tata kelola administrasi dan keuangan.

Di hadapan tim Ditjen DOB, Nur Bowo Edy sebagai ketua rombongan, Wakil Bupati Mubar, Achmaf Lamani merinci secara detail apa yang menjadi acuan serta kerangka kerja kepala daerah dalam membangun daerah. “Fakta lapangannya sudah dilihat langsung Pak Nur Bowo. Mana batas wilayah Muna induk dan Muna Barat serta batas kota Laworo. Demikian pula mengenai aset, dana hibah dan lainnya. Kami sangat apresiasi kedatangan tim DOB,” katanya, Rabu (18/7).

Ketua Tim Ditjen DOB Kemendagri, Nur Bowo Edy, memberikan apresiasi atas keberhasilan Pemkab Mubar dari berbagai hal. “Saya sudah keliling berbagai daerah di Indonesia, tapi untuk Muna Barat baru kali ini. Namun sebagai daerah otonomi baru, saya sangat salut dan berikan apresiasi. Sebab baru empat tahun berjalan sebagai daerah mandiri, namun sudah banyak perubahan yang terjadi,” sanjung Nur Bowo.

Menurutnya, dari penilaian untuk Muna Barat ada kenaikan sangat signifikan. Untuk tahun 2016 sekitar 66,15 persen dan terjadi peningkatan pada tahun 2017 yakni 70,50 persen. “Meskipun dalam kategori signifikan, tapi saya tetap optimis kalau sampai lima tahun sebagai DOB, Muna Barat akan lebih cepat berkembang. Sebab lima tahun yang dipercayakan undang-undang untuk mengurus dirinya, ternyata Muna Barat mampu untuk itu. Karena itu saya yakin setelah tidak lagi sebagai DOB, bisa sejajar dengan daerah lain, bahkan dengan kabupaten induk,” tandasnya. (b/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top