Pariwara
Wakatobi

Serapan Anggaran Triwulan II Pemkab Wakatobi tak Capai Target

Nur Bahtiar

KENDARIPOS.CO.ID — Serapan anggaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi pada triwulan pertama tahun 2018 yang belum mencapai target, juga terjadi pada periode triwulan kedua. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Namun, serapan anggaran yang belum maksimal ini dinilai masih wajar. Sebab hampir setiap saat Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi selalu melaporkan progres serapan ke Kementerian Keuangan.

Serapan anggaran triwulan kedua tahun ini hanya mencapai 34 persen. Artinya Pemkab Wakatobi belum mencapai target dari yang ditentukan sebesar 43 persen. Ada selisih sembilan persen dari yang ditentukan. Meski begitu, pencapaian ini diklaim masih dalam batas normal. Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPKAD Wakatobi, Nurbahtiar, belum tercapainya target serapan anggaran triwulan kedua ini disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya banyak belanja-belanja pihak ketiga belum memiliki kontrak, serta sejumlah tender yang sudah dikerjakan namun belum meminta uang muka.

“Kita tahu bahwa hal ini dipengaruhi proses tender. Kadang uang mukanya belum diambil. Namun kita setiap saat melaporkan progres ke Kementerian Keuangan dan alhamdulillah semuanya lancar dan tak ada kendala. Berarti hal ini masih dalam batas normal,” ungkapnya, Rabu (18/7). Kendati demikian, Nurbahtiar mengakui, seharusnya capaian triwulan II sebesar 50 persen. “Tapi karena beberapa faktor ini sehingga hal itu belum dicapai. Kita masih selisih 9 persen dari target yang telah kita tentukan,” ulangnya.

Sekadar diketahui, serapan anggaran triwulan pertama sebelumnya ditarget terealisasi keuangan TEPPA 13,62 persen, namun realisasinya keuangan hanya sebanyak Rp 80 miliar lebih atau setara dengan 9,71 persen. Sementara untuk target belanja fisik TEPPA sebanyak 10,47 persen, realisasi keuangannya Rp 26 miliar lebih atau setara dengan 5,54 persen. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top