Pariwara
Bau-bau

Progres Rusunawa ASN Baubau Capai 30 Persen

AKHIRMAN/KENDARI POS
RUSUNAWA : Bangunan Rusunawa bagi ASN kategori MBR di lingkup Kota Baubau yang sedang dikerjakan dan telah menunjukkan progres 30 persen hingga saat ini.

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan Rusunawa bagi aparatur sipil negara (ASN) lingkup Kota Baubau kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di kawasan BTN Palagimata telah berjalan lima bulan. Saat ini, pengerjaanya terus dilakukan pihak rekanan berbendera PT Karya Syarnis Pratama. Bentuk fisik gedung tersebut telah terlihat, bahkan lantai dasar dan satu telah selesai dilakukan pengecoran.

Pengerjaan Rusun ASN kategori MBR itu bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) dengan nilai kontrak Rp 16,34 miliar. Dengan alokasi dana tersebut, pihak kontraktor ditarget harus menuntaskan pekerjaan pada 22 November 2018 atau 240 hari kalender sejak dimulai 29 Maret lalu. Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Dinas Perumahan Kota Baubau, Sumartoyo, mengatakan, pihak rekanan terus melakukan pengerjaan. Makanya, proses pembangunan gedung mengalami kemajuan.

“Beberapa bagian gedung seperti basement dan lantai satu sudah dicor. Volume kerjanya mencapai 30 persen. Selanjutnya akan dicor pada lantai tiga dan empat, karena sesuai gambar gedung Rusun dibuat empat lantai,” ujar Sumartoyo saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (18/7). Menurutnya, pihak kotraktor yang melakukan pengerjaan proyek APBN tersebut merupakan pemenang tender dari lelang yang dilakukan Dinas Perumahan Sultra. Selanjutnya sebagai pihak terkait, Pemkot Baubau bertugas melakukan koordinasi dan pemantauan di lapangan. “Jadi di provinsi itu ada Satkernya yang menangani langsung, yakni Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) penyedian perumahan Sultra. Tugas kita hanya sebatas lakukan pengawasan dan koordinasi jangan sampai ada kendala,” terangnya.

Rusun ASN yang dibangun saat ini berbeda dengan umumnya yang ada di Baubau. Baik dari segi tipe gedung maupun sarana penunjang. “Jadi Rusun ASN ini hanya dibangun satu Tim Blok (TB) dengan tipe 3×6. Kemudian di dalam ruangan setiap kamar akan langsung disediakan dengan mobilernya,” pungkas Sumartoyo. (c/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top