Pariwara
Konawe Utara

Pembayaran Honor PHL Puskesmas di Konut Harus Sesuai SK

HELMIN TOSUKI/KENDARI POS
RAPAT : Pertemuan antara pihak Dinkes dan kepala Puskesmas di Konawe Utara bersama DPRD membahas pembayaran honor bagi pegawai harian lepas yang bertugas pada sentra layanan kesehatan.

KENDARIPOS.CO.ID — Seluruh kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) di Konawe Utara (Konut) harus membayar honor paramedis sesuai surat keputusan (SK) yang ada. Bukan justru memberikan upah pada pihak yang tidak masuk dalam SK tersebut. Penegasan itu disampaikan pihak DPRD Konut pada pejabat di unit kerja yang ada. “Jadi pembayaran honor pegawai harian lepas (PHL) perawat maupun paramedis lainnya, harus sesuai yang tertera dalam SK. Kalau tidak ada jangan diberikan, karena itu akan menjadi temuan. Bila masih dilakukan, maka sistem seperti ini akan merusak pemerintahan,” sorot Ketua Komisi I DPRD Konut, Rasmin, rabu (18/7).

Dalam pertemuan yang digelar, diidentifikasi sejumlah PHL di Puskesmas yang namanya tidak tertera dalam SK namun justru lebih rajin memberikan pelayanan. Sehingga para kepala Puskesmas memberlakukan kebijakan dengan membayar honor mereka. “Sekarang kita harus konsisten, kalau PHL tidak ada namanya dalam SK jangan diberi honor. Begitupun dengan PHL yang ada dalam SK tapi malas, dikeluarkan saja. Karena dana yang dikelola ini merupakan uang negara,” timpal Ketua Komisi III DPRD Konut, Samir.

Seluruh kepala Puskesmas di Konut diminta mempatenkan nama-nama PHL. Agar pada pembahasan anggaran tahun 2019 nanti, persoalan PHL tidak menjadi masalah lagi. Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Konut, Nurjanah, berjanji akan membenahi sistem di internal lembaganya. Agar para pegawai negeri maupun PHL yang kerap mengeluh maupun tidak, akan terdeteksi dengan sendirinya. “Kita akan intensifkan absensi baik kepala seksi, kepala bidang maupun staf dan PHL,” pungkasnya. (b/min)
min

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top