Pariwara
Muna Barat

Dinsos Mubar Salurkan Kube

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar) terus melakukan pendekatan pelayanan terhadap masyarakatnya. Salah satu cara dilakukan Dinas Sosial melalui berbagai program dalam upaya meningkatkan taraf hidup warga adalah penyaluran bantuan pada Kelompok Usaha Bersama (Kube) yang merupakan program Kementerian Sosial.

Kepala Dinas Sosial Mubar, La Ode Takari, menjelaskan, jumlah penerima bantuan Kube pada tahun 2018 ini sebanyak 30 kelompok pada dua kecamatan yakni Kusambi dan Tiworo Tengah. Untuk Kecamatan Kusambi pihaknya memberikan bantuan di Desa Guali sebanyak tujuh kelompok dan Desa Kusambi enam kelompok. “Kalau di Kecamatan Tiworo Tengah, kami berikan pada delapan kelompok di Desa Suka Damai dan sembilan kelompok di Mekar Jaya dengan nilai anggaran Rp 600 juta,” ungkapnya, Selasa (17/7).

Menurut Takari, setiap kelompok Kube, menerima bantuan masing-masing Rp 20 juta untuk tambahan modal usaha. Namun sebelum diberikan bantuan pada 30 kelompok tersebut, pihaknya telah melakukan verifikasi di lapangan. “Selain melihat kondisi usaha yang dijalankan kelompok, kami juga mengecek tempat tinggal dan penghasilan dari anggota kelompok calon penerima tersebut,” ujarnya.

Pemberian bantuan tersebut itu khusus untuk warga miskin yang membentuk Kube. Tiap kelompok berjumlah 10 orang baik itu usaha pembuatan makanan ringan hingga Sembako dan jenis usaha lain. “Bantuan serupa telah disalurkan setiap tahun. Untuk mendapat Kube, harus melalui tahapan verifikasi yang dilakukan Dinsos Provinsi dan Mubar berdasarkan usulan,” pungkasnya. (c/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top