Pariwara
Politik

15 Persen Kursi Bacaleg Konsel Lowong

KENDARIPOS.CO.ID — Sejatinya, pengajuan berkas bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Pemilu 2019 disesuaikan dengan jumlah kursi DPRD setempat. Namun pada kenyataannya, masih ada partai politik (Parpol) yang tidak mengisi semua kuota Bacalegnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe Selatan (Konsel), Aliudin pendaftaran Bacaleg Pemilu 2019 telah ditutup. Dari 16 Parpol yang terdaftar, semuanya telah mengajukan berkas Bacalegnya. Hanya saja, tidak semuanya yang mengisi kuota kursi seperti Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Garuda dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“Dari empat daerah pemilihan (Dapil), ada 3 Parpol yang menempatkan Bacalegnya. PKPI misalnya, hanya menempatkan calon di Dapil III. Partai Garuda hanya mengisi calonnya di Dapil II, III dan IV. Sementara PSI hanya dapil I dan IV,” beber Aliudin, Rabu (18/7).

Jumlah kuota Bacaleg telah terpenuhi kata dia, hanya 85 persen. Kendati demikian, berkas pencalonannya telah terpenuhi termasuk 30 persen keterwakilan perempuan. “Setiap Parpol, maksimalnya mengajukan 35 Bacaleg. Namun karena ada 3 Parpol yang tidak terpenuhi semua dapilnya, makanya tidak terpenuhi 100 persen,” jelasnya.

Saat ini lanjut Aliudin, KPU Konsel mulai melakukan verifikasi terhadap berkas yang masuk. Sesuai jadwal, hasil verifikasinya akan diserahkan tanggal 19 Juli. Masa perbaikan berkas katanya, selama 10 hari mulai tangal 21 sampai 31 Juli 2018.

“Besok (hari ini), kita akan undang kembali masing-masing Parpol dan menyampaikan rekomendasi jika akan dilakukan perbaikan. Kami berharap seluruh berkas yang kirang segera dilengkapi,” jelasnya. (b/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top