Pariwara
Wakatobi

Rp 2 M Diusul untuk Wakatobi Wave

Nadar

KENDARIPOS.CO.ID — Sama seperti tahun sebelumnya, Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wakatobi Wave) rencananya akan kembali digelar pada November 2018 ini. Selain anggaran pendapatan dan belanja daerah (ABPD), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) juga mengusulkan anggaran Rp 2 miliar ke Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Usulan anggaran tersebut disadari Kepala Dinas Parekraf Wakatobi, Nadar, belum pasti direalisasikan keseluruhan. Semuanya diserahkan sepenuhnya pada kementerian terkait soal dana yang bisa disalurkan untuk kegiatan yang telah masuk kalender even nasional ini. “Namanya juga proposal, kita usulkan Rp 2 miliar. Terealisasi bisa hanya Rp 1 miliar atau bahkan kurang kurang. Intinya nilai belum pasti, tergantung anggaran di pusat,” ungkap Nadar, selasa (17/7).

Ia mengaku, jika proposal telah direspon pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata, tentu sudah memiliki porsi masing-masing. Artinya sudah ada segmen kegiatan yang bisa dibiayai oleh pusat. Fokus anggaran dari pemerintah pusat terkait branding, promosi di media dan sebagainya. “Kemenpar fokus di branding termasuk panggung dan sound sistem. Jadi kalau anggarannya sudah disetujui, maka sudah ada porsi segmen kegiatan,” ulangnya, menegaskan.

Kendati demikian, daerah juga tak pernah absen menyalurkan anggaran untuk kegiatan yang sering dihelat di Wangiwangi, ibu kota kabupaten ini. “Selain dari pusat sudah ada juga alokasi dari APBD untuk tahun ini,” papar Nadar. Wakatobi Wave merupakan salah satu festival terbesar yang diselenggarakan dengan menampilkan atraksi budaya dari berbagai pulau. Pengunjung dari banyak daerah juga kerap memadati kegiatan yang dihelat setahun sekali tersebut. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top