Pariwara
Bombana

PT REI Ketahuan Hindari Retribusi IMB di Bombana

Pajawa Tarika

KENDARIPOS.CO.ID — Keberadaan PT Rohul Energy Indonesia (REI) yang beroperasi di Kecamatan Kabaena Tengah, Kabupaten Bombana, terus mendapat sorotan. Ketidakpatuhan pihak manajemen pada peraturan di daerah, terlihat. Perusahaan yang telah mengeksploitasi kekayaan alam Bombana tersebut bahkan dituding menghindari pembayaran retribusi izin mendirikan bangunan (IMB). Padahal itu merupakan kewajiban setiap perusahaan bila mendirikan bangunan dengan nominal retribusi mencapai Rp 200 juta.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Pajawa Tarika, membeberkan, pihak PT REI tak meminta izin sebelum membangun sesuai peraturan daerah (Perda) nomor 13 tahun 2013 tentang mendirikan bangunan. “Jadi kami dari DPM-PTSP bersama Dinas PU, membentuk tim terpadu untuk mengecek bangunan PT REI. Ada beberapa bangunan di sana tidak memiliki IMB. Dan yang perusahaan menyadari itu, kalau mereka membangun tidak mematuhi prosedur yang ada,” paparnya, selasa (17/7).

Pajawa Tarika menegaskan, hal tersebut seharusnya tidak dilakukan PT REI, karena merupakan tindakan yang merugikan daerah. “Jika Pemkab Bombana tidak melakukan pengecekan di wilayah PT REI, maka bangunan yang berdiri tersebut tidak memiliki retribusi IMB sebesar Rp 200 juta,” tegasnya. Ia mengaku, pihaknya kini telah merampungkan seluruh berkas IMB PT REI, dan Dinas PU menyelesaikan gambar beberapa bangunan, salah satunya hunian karyawan.

“Seharusnya kalau mau buat IMB itu sesuai aturan. Gambarnya dulu sebelum membangun. Tapi ini malah sebaliknya. Kami berharap ini tidak terulang lagi oleh perusahaan lain. Kami sudah beri batas waktu pelunasan IMB. Jika tidak diselesaikan, maka seluruh pengurusan mereka untuk perencanaan pembangunan Smelter akan kami hentikan, khususnya pengurusan IMB,” ancam Pajawa Tarika. (c/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top