Pariwara
Muna

Penuntasan Pasar Laino di Muna Mulai Dirancang

Sukarman Loke

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Kabupaten Muna sudah menunggu terlalu lama untuk memiliki sebuah pasar rakyat yang memadai. Sebab kondisi Pasar Sentral Laino yang ada saat ini, jauh dari harapan. Selain kumuh, lapak pedagang juga tak tertata baik. Upaya merevitalisasi Laino sebelumnya sudah dilakukan dengan membangun gedung pasar. Hanya saja, jumlah 800 lods yang tersedia tidak mampu menampung 1.200 pedagang awal. Gedung tersebut akhirnya tidak ditempati pedagang selama lebih kurang selama satu tahun.

Kini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna berkomitmen menuntaskan pasar terbesar itu pada tahun ini. Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat mengaku sudah mulai menggarap proses perencanaan proyek pembenahan Pasar Laino. Disediakan dana lebih kurang Rp 27,5 miliar untuk menjadikan Laino pasar representatif.

Total anggaran itu dibagi dalam beberapa item kegiatan yakni pembangunan gedung baru, pemasangan instalasi listrik dan pembenahan akses jalan. “Gedung baru anggarannya Rp 20 miliar dari dana pinjaman. Untuk (instalasi) listrik di bangunan yang ada saya belum pastikan berapa. Tetapi diprediksi untuk keseluruhan pembenahan gedung lama bisa sampai Rp 3,5 miliar dari APBD 2018. Sedangkan akses jalan melekat di PU, anggarannya kurang lebih Rp 4 miliar, dari pinjaman juga” ujar Sukarman Loke, Kepala Disperindag Muna, Selasa (17/7).

Ia menjelaskan, khusus pembangunan gedung baru, saat ini masih dalam tahap perencanaan. Jika tak ada hambatan, Agustus mendatang pekerjaan fisik sudah dapat dimulai. “Gedung baru itu kapasitas 400 lods, sesuai kekurangan gedung yang ada saat ini. Kalau Agustus dimulai, Insyaallah bisa rampung Desember. Karena masa pengerjaan lima bulan,” sambungnya.

Sukarman menambahkan, selambat-lambatnya awal tahun mendatang pedagang baru dapat direlokasi ke dalam gedung. Untuk harga sewa lods, ia mengaku belum membahas lebih detail. Hanya saja dipastikan tidak akan memberatkan pedagang. “Pasar itu milik pemerintah dan akan digunakan untuk melayani masyarakat. Itu prinsipnya, jadi kami pastikan pedagang hanya membayar retribusi. Tidak pakai sewa,” imbuhnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top