Pariwara
Konawe Utara

11 Tahun Mekar Konut Raih WTP

KENDARIPOS.CO.ID — Kerja keras duet Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin dan Wakilnya, Raup dalam menahkodai daerah, mulai memerlihatkan prestasi. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Wilayah Sultra memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) pada Pemkab Konut dalam pengelolaan keuangan dan aset. Padahal dikepemimpinan sebelumnya, Pemkab Konut selalu menerima opini disclaimer.

Wakil Bupati Konut, Raup, menuturkan WTP yang diraih tak lepas dari kerja sama organisasi perangkat daerah (OPD) dalam memberikan kontribusi. “Jadi euforia mendapat WTP itu wajar. Karena 11 tahun Konut menjadi daerah otonom, baru tahun ini bisa meraih WTP. Karena tiga kali Pj, satu kali bupati definiti, baru tahun ini bisa berhasil. Artinya selama ini alur kas dan aset menjadi catatan sehingga tidak WTP. Tahun ini pengelolaan keuangan dan aset sudah membaik,” ujar Raup, Selasa (17/7).

Pasangan Ruksamin itu menambahkan raihan WTP tak terlepas dari kerja keras Inspektorat, BPKAD, Sekab dan pimpinan OPD, termasuk seluruh warga Konut. “Target nasional, pada tahun 2019 sudah tak ada lagi Pemda yang belum WTP. Itu merupakan instruksi BPK dan KPK. Sehingga untuk wilayah Indonesia Timur, Konut menjadi posisi ketiga dalam rangka tindaklanjut hasil audit BPK,” sambungnya. Makanya Raup berharap raihan WTP dipertahankan. Pihaknya sudah menggelar rapat internal agar bila ada temuan-temuan BPK secepatnya dituntaskan. “Kalaupun ada temuan yang lambat diselesaikan maka solusinya harus dibawa ke ranah hukum. Kalau pihak ketiga, terpaksa diblack list dari pada menjadi penghambat dalam mempertahankan WTP ke depan,” tegasnya. (c/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top