Pariwara
Bombana

Rp 2,4 M Benahi Ruas Tontonunu di Bombana

KAMARUDDIN/KENDARI POS
BENAHI JALAN : Kerusakan ruas jalan akibat guyuran hujan beberapa waktu lalu. Salah satunya di poros Toburi-Tontonunu-Mulaeno, Kabupaten Bombana.

KENDARIPOS.CO.ID — Kerusakan sejumlah ruas jalan terjadi akibat intensitas hujan yang terus mengguyur beberapa waktu lalu, termasuk di wilayah Tontonunu, Bombana. Dua pekan lalu, poros Toburi-Tontonunu-Mulaeno sempat terputus. Kabid Bina Marga Dinas PU Bombana, Semuel Kadmae Rubun, mengungkapkan, untuk meningkatkan akses ke Tontonunu, Pemkab mengalokasikan anggaran Rp 2,4 miliar dan akan dikerjakan tahun ini juga. “Anggaran itu untuk jalan longsor,” ujarnya, senin (16/7).

Alokasi dana juga untuk membiayai pekerjaan jembatan di titik tersebut. Untuk jalan longsor di Desa Toburi dan lainnya, pihak Dinas PU sudah mengalokasikan anggaran pelaksanaan perbaikan untuk tahun berikutnya. Demi keselamatan pengguna jalan yang melintasi poros Toburi Tontonunu-Mulaeno, sejumlah rambu dan marka jalan dipasang untuk menjadi perhatian setiap pengguna jalan agar lebih berhati-hati.

“Cuaca ekstrem mengakibatkan beberapa titik jalan tersebut menjadi rusak sampai akhirnya longsor. Tetapi tidak perlu khawatir, karena kami telah mengalokasikan anggaran di tahun 2019 untuk perbaikan. Untuk penanganan sementara kami akan lakukan pemeliharaan jalan dalam waktu dekat ini,” kata Semuel.

Sementara itu, Sekretaris Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten Bombana selaku PPK Bidang Bina Marga, Abdul Rahmat Zainuddin Tahyas, membenarkan rencana penataan jalan tersebut. “Anggaran Rp 2,4 miliar tersebut sudah termasuk pembangunan jembatan di Tongkoseng menggunakan desain box culvert. Sedangkan jalan sepanjang kurang lebih 1.100 meter akan menggunakan kosntruksi beton. Sekarang ini masih dalam proses lelang di Unit Layanan Pengadaan. Akan mulai dikerja Agustus. Pokoknya setelah ada pemenang tender, kita langsung kerja. Karena poros Toburi-Tontonunu-Mulaeno merupakan akses paling dekat antara Kasipute dan Poleang,” tandasnya. (b/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top