Pariwara
Metro Kendari

Kakanwil Kemenag Sultra : Fungsi Masjid Harus Dioptimalkan

Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir (kiri) membuka workshop pembinaan standarisasi managemen masjid yang melibatkan ratusan pengelola masjid di Sultra, Senin (16/7).

KENDARIPOS.CO.ID — Masjid bukan hanya sebagai sentra ibadah saja. Fungsi masjid bisa dioptimalkan lebih dari itu. Misalnya menjadi sentra pendidikan, kegiatan sosial atau kesehatan. Menuju pengoptimalan fungsi masjid itu, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sultra menggelar kegiatan workshop pembinaan standarisasi managemen masjid yang melibatkan ratusan pengelola masjid di Sultra.

Kegiatan itu dibuka Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir di salah satu hotel di Kendari, Senin (16/7) sore. Mantan Ketua KPU Sultra itu mengatakan masjid wadah beribadah. Ibadah dimaksud tidak hanya salat lima waktu. Tetapi bisa dikembangkan dalam aspek sosial atau pendidikan, misalnya pengurusan zakat, yayasan, panti asuhan, dan lainnya. “Kita menghadirkan pengelola masjid. Mereka adalah ASN kita dan masyarakat umum juga, supaya ada komitmen mengelola masjid ini lebih fungsional,” ujarnya, kemarin.

Untuk mewujudkan itu, pengelola harus lebih dulu mengklasifikasikan masjid-masjid yang ada di Sultra. “Pemberdayaan masjid itu ada tiga ada aspek idarah, imarah dan riayah. Ini diklasifikasi dulu sesuai dengan masjid yang dikelola, lalu terapkan standarisasi managemennya,” jelas Abdul Kadir. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top