Pariwara
Bau-bau

Empat SMPN Paling Diminati di Baubau

H. Masri

KENDARIPOS.CO.ID — Memilih sekolah unggulan sebagai tempat menimba ilmu bagi anak, sudah menjadi tujuan orang tua. Meski jauh dan tak sesuai dengan pembagian zonasi, para orang tua tetap memaksakan agar anaknya bisa diterima di sekolah favorit. Makanya, saat pendaftaran penerimaan siswa baru (PPSB) terdapat beberapa sekolah yang selalu “dibanjiri” pendaftar. Itu juga terjadi di Kota Baubau. Kendati saat ini PPSB telah usai dan para siswa mulai masuk sekolah, namun kondisi padatnya pendaftar pada beberapa sekolah tak terhindarkan. Salah satunya adalah pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau, H. Masri, M.Pd, mengakui kondisi tersebut. “Padatnya siswa baru yang mendaftarkan diri untuk masuk menimba ilmu di SMPN terjadi dibeberapa sekolah. Khususnya pada empat sekolah yaitu, SMPN 1, SMPN 3, SMPN 4 dan SMPN 18 Baubau,” kata Masri saat ditemui Senin (16/7). Akibatnya, banyak siswa yang melamar diempat sekolah tersebut tidak diterima. Itu karena banyaknya pelajar yang mendaftarkan diri melebihi jumlah kuota yang disiapkan pihak sekolah. “Banyak yang tidak terkafer, sehingga kita alihkan di sekolah lain. Seperti, tidak diterima di SMPN 1 Baubau dan SMP 18 Baubau kita alihkan ke SMPN 17 Baubau. Begitu pula dengan siswa yang tidak terkafer di sekolah lain,” terangnya.

Hal demikian juga terjadi di Sekolah Dasar (SD). Kendati banyak sekolah yang berada di dekat rumah mereka, tetapi tidak sedikit orang tua mengantar anaknya mendaftar di sekolah unggulan. “Banyak orang tua yang memilih mendaftarkan anaknya di sekolah lain dari pada di dekat rumahnya,” ungkap Masri. Ia menambahkan, sebenarnya, kondisi demikian bukan karena tidak bisa tertampung di sekolah terdekat. Akan tetapi yang menjadi persoalan adalah, banyak orang tua pilih-pilih sekolah. “Baik SMP maupun SD yang ada saat ini mampu menampung seluruh siswa dan siswi pendaftar baru. Seperti SMP, tahun ini kita suda membuka satu sekolah negeri baru yaitu SMPN 19 Baubau. Sehingga total SMPN saat ini menjadi 19 sekolah. Demikian halnya dengan SD sebanyak 67 sekolah,” pungkasnya. (c/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top