Space Iklan
Pariwara
Kolaka Utara

Wisata Alam dan Minat Khusus Potensial di Kolut

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
SEPI : Kampung Kuliner menjadi satu pembeda dari sejumlah objek wisata alam lainnya. Sayang, tak ada keramaian dan aktivitas pedagang yang menjajakan jualan untuk dinikmati pengunjung.

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya untuk memaksimalkan sumber-sumber pendapatan di wilayah Kolaka Utara (Kolut) sedang dilakukan pemerintah kabupaten (pemkab), selain dari sektor perkebunan. Salah satu aspek yang dinilai potensial yakni pada pengembangan objek dan daya tarik wisata (ODTW). Pariwisata di Kolut memang masih dalam tahap pengembangan pada beberapa aspek sebagai daerah yang masih dikategorikan baru berkembang. Pemerintah setempat berupaya menggandeng peneliti dari Universitas Halu Oleo (UHO) untuk melakukan kajian dan penelitian.

Akademisi UHO, Prof. Nasruddin Suyuti, memaparkan, Kolut dapat menawarkan dua model pengembangan parawisata yang cocok. “Ada berbagai model yang bisa digunakan namun berdasarkan wawancara dan penelitian di lapangan kecocokannya ada dua, yakni wisata alam dan minat khusus,” ujarnya, akhir pekan lalu. Untuk destinasi alam, ia mengambil sampel objek seperti Pantai Berova, Danau Biru serta di Kampung Kuliner. Meskipun masih sebatas sampel, dirinya sudah bisa mengklasifikasikan menjadi dua aspek saja di ODTW itu. “Kolut potensial wisata alam karena banyak destinasi yang dimiliki serta di aspek lain menyangkut minat khusus semisal kuliner,” ujarnya.

Meski tersedia banyak destinasi bukan berarti lantas semua potensial digarap untuk dikembangkan. Karena jika demikian, bisa saja usai ditata, justru tak terurus karena tidak diminati pengunjung. Maka dari itu penelitian yang ia coba ajukan tersebut merupakan model kolaborasi terintegrasi. Disisi lain, analisis tersebut juga coba dikaitkan dengan upaya pengembangan pariwisata berbasis ekonomi kerakyatan. Tujuannya bagaimana masyarakat sekitarnya bisa terlibat dan berdampak pada peningkatan taraf kesejahteraan. “Pengembangan pariwisata itu bukan hanya bagaimana dapat mendatangkan penghasilan bagi pemerintah melalui pajak atau karcis, tetapi harus diikuti kesejahteraan masyarakat sekitar,” sambungnya. Pemerintah diharap memerhatikan agar pola pengembangan ODTW di wilayahnya selalu melibatkan masyarakat. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top