Pariwara
Metro Kendari

Simda BMD Online Siap Dilaunching

Susanti

KENDARIPOS.CO.ID — Pengelolaan aset daerah Pemerintah Kota Kendari sudah tertib sejak beberapa tahun lalu. Itu ditandai dengan pengakuan BPK yang memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut pada ibu kota provinsi ini. Meski begitu, Pemkot belum berpuas diri. Daerah di bawah kendali Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra dan Wakil Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir ini masih terus melakukan terobosan baru untuk pengelolaan aset yang lebih baik.

Inovasi dimaksud yakni dalam hal perencanaan, pendataan, perhitungan dan penyusutan aset melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) Barang Milik Daerah (BMD). Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kendari, Susanti mengatakan Simda BMD online dimaksud akan diluncurkan secara resmi, Selasa besok. “Kita akan launching tanggal 17, Hari Selasa,” ujar Susanti.

Dia menggambarkan Simda BMD akan didowload masing-masing OPD aplikasinya. Selanjutnya semua aset yang dikelola setiap kantor wajib dimasukan dalam aplikasi. “Selama ini OPD melaporkan ke kita, setelah itu kita yang input ke Simda. Nah lewat aplikasi online yang baru ini, input aset OPD bisa langsung dilakukan di kantornya masing-masing,” papar Susanti.

Untuk implementasinya nanti, setiap OPD membutuhkan sumber daya manusia (SDM) mumpuni dalam pengelolaan aplikasi itu. Namun hal itu bukan sesuatu yang sulit menurut Susanti, sebab sejumlah OPD sebenarnya sudah menerapkannya. “Kita sudah terapkan, saat ini kita mau semuanya seperti itu. Nanti kita ajarkan caranya,” tukas Susanti. Wanita berhijab itu melanjutkan kebijakan itu tentu bertujuan untuk lebih menjaga, memelihara serta menata aset-aset daerah yang setiap tahun bertambah dan sebagian pula menyusut. “Jelas harus kita kelola baik, karena yang namanya aset daerah itu dibeli dengan uang rakyat,” tandas Susanti. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top